Brosur merupakan alat promosi populer yang sering dibuat dalam bentuk selembaran, lipatan, ataupun booklet. Alat ini sangat penting bagi usaha kecil. Toko-toko atau retail sering meletakkannya di depan atau di ruang tunggu. Selain itu, marketing-marketing perusahaan juga sering membawa brosur promosi ke pameran dagang  dan meeting untuk dibagikan ke calon pelanggan potensial.

Brosur ikut berperan dalam keputusan pelanggan untuk membeli produk. Dengan demikian, bisnis yang bergantung pada penjualan produk atau layanan, perlu mengetahui tentang cara promosi dengan brosur. Cetakan brosur dapat membantu menjelaskan ruang lingkup bisnis dengan gambaran yang tepat dan meningkatkan profil perusahaan.

Mempersonalisasikan Bisnis

Alasan Brosur Masih Diandalkan Untuk Melakukan Promosi

Presentasi bisa menargetkan pelanggan potensial dalam audiensi yang besar. Hal tersebut efektif dalam membantu mengkomunikasikan perusahaan ke khalayak umum. Demikian juga, brosur bisa disimulasikan dengan teknik yang sama. Ketika calon pelanggan potensial membaca brosur, dengan sendirinya mereka berkomunikasi dengan perusahaan. Yang perlu dilakukan adalah menampilkan informasi yang mereka butuhkan untuk tujuan pendekatan. Selain itu, bagi orang-orang yang memiliki kesibukan penuh, bisa membaca brosur di waktu yang ideal. Kendati mereka bisa mendapatkan informasi melalui situs web, namun informasi tertulis bisa menambah sentuhan pribadi.

Menawarkan Lebih Banyak Informasi

Brosur dapat menawarkan informasi lebih banyak daripada kartu dan beriklan di majalah. Dan tidak hanya mencantumkan informasi yang sama yang bisa ditemukan di situs web. Misalnya dalam bentuk brosur lipat, bisa menawarkan beberapa halaman dengan penuh warna di setiap bagian halamannya secara terpisah mengenai produk dan layanan. Dapat dilakukan dengan membangun narasi sederhana melalui urutan halaman yang pada akhirnya memberikan ajakan untuk bertindak atau membeli.

Menyediakan Feedback

Jika pelanggan tertarik atau ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, tentu mereka membutuhkan kontak atau alamat bisnis perusahaan. Oleh karena itu, bisa dengan menempatkan Nama Bisnis, Nomor Telepon, dan Situs Web supaya lebih mudah mendapatkan feedback. Bila perlu, bisa menambahkan Akun Facebooj, LinkedIn, Twitter, dan Instagram untuk mempermudah mereka menemukan bisnis. Semakin banyak media untuk feedback, biasanya semakin layak sebuah bisnis untuk dipertimbangkan.

Lebih Menghemat Biaya

Bagi usaha kecil, biaya pembuatan brosur promosi relatif murah daripada beberapa opsi promosi lain. Bisa dikustomisasi dengan sedemikian rupa melalui desain, warna, dan jenis kertas. Dan biasanya, semakin banyak brosur yang dipesan di percetakan, harganya semakin murah. Ini terkait dengan cetak kuantitas banyak bisa diproduksi dengan Offset Printing, sedangkan cetak kuantitas sedikit dilakukan dengan Digital Printing. Tentu, bila untuk kepentingan jangka panjang, lebih baik mencetak dalam kuantitas banyak.

Brosur Promosi Mudah Dibagikan

Keuntungan lain dari brosur adalah mudah dibagikan kepada siapapun. Bisa menyebarkannya ke daerah-daerah bisnis yang berhubungan dengan audiens yang sama. Atau mengirimkan ke beberapa tempat orang-orang mencari informasi.

Membagikan Brosur Lebih Tertarget

Alasan Brosur Masih Diandalkan Untuk Melakukan Promosi

Kendati biaya mencetak brosur promosi relatif murah daripada cara promosi lainnya, bukan berarti bisa menyebarkannya dengan asal-asaln. Hal itu bisa berujung membuat biaya promosi dengan percuma dan juga tidak menghemat pemakaian kertas. Ada cara-cara efektif untuk membagikan brosru promosi ini, yakni dengan menargetkan mereka sesuai dengan korelasi bisnis dan kebutuhannya. Atau bisa juga melakukan uji coba untuk mengukur seberapa parameter keefektifan metode yang digunakan. Beberapa cara berikut mungkin bisa dicoba.

1 Membagikan brosur langsung secara persona

2 Menyelipkan di dalam surat kabar atau majalah

3 Menaruhnya di tempat-tempat umum yang biasa dilihat orang

4 Menyewa orang untuk membagikan ke area parkir pusat perbelanjaan

5 Membagikan di tempat-tempat antrean seperti transjakarta dan stasiun

Melihat Respon Dari Uji Coba Pembagian Brosur

Jika benar-benar ingin melakukan uji coba keefektifan pembagian brosur. Anda bisa menempatkan nomor telepon dan email yang berbeda pada brosur tersebut. Dengan begitu, Anda dapat melacak semua panggilan ke satu nomor itu atau email yang masuk, dan bisa mengetahui bahwa itu berasal dari brosur yang dibagikan tadi. Lalu jika memang benar-benar cara yang efektif, maka bisa diteruskan cara pembagian brosur tadi dengan skala yang lebih banyak.

Baca Juga  Cara Efektif Dan Lokasi Strategis Untuk Sebar Brosur

Related Posts