Desain Spanduk Pecel lele

Desain Spanduk Pecel Lele – Kebanyakan kedai-kedai pecel lele yang ada di pinggir jalan selalu menggunakan desain spanduk yang sama dengan lainnya yaitu nama menu dan gambar-gambar menunya dengan cara dilukis. Serta selalu menggunakan bahan kain sebagai media cetak spanduk tersebut. Namun, jika anda membuka kedai pecel lele dan ingin terlihat berbeda anda bisa membuat desain sendiri dari kebanyakan orang dengan menggunakan bahan spanduk yang lebih tebal untuk mencetaknya. Oleh karena itu anda bisa menyimak cara membuat desain spanduk pecel lele menggunakan aplikasi adobe Photoshop berikut.

Tentu saja langkah pertama yang anda lakukan adalah membuka lembar kerja anda di adobe Photoshop dengan cara File>New atau Ctrl+N. Buatlah lembar kerja dengan ukuran 400×100 cm.

Cara Mendesain Spanduk Pecel Lele

Membuka File Baru

Gunakanlah rectangle tool untuk membuat kotak pada lembar kerja anda dengan ukuran 400×100 cm. Dan gantilah warnanya dengan rasio C:0 M:100 Y:100 K:0 atau kode warna #ED1C24 untuk menjadi dasar warna spanduk anda.

Kanvas desain spanduk Paecel Lele
Ukuran kanvas
Memberikan Warna Merah pada Kanvas

Membuat Element Desain Untuk Spanduk Pecel Lele

Gunakan rectangle tool lagi untuk membuat garis horizontal. Ubah garis agar terlihat miring menggunakan Direct Selection Tool. Ubah warnanya dengan rasio C:9 M:7 Y:100 K:0 atau kode warna #EDD913.

Elemen desain Spanduk Pecel Lele
Membuat Garis Miring
Elemen Desain Grafis

Ulangi langkah ketiga dan buatlah kotak horizontal lainnya dengan ukuran yang lebih pendek. Posisikan seperti gambar di bawah ini dan tata pada lembar kerja anda.

Memasukan Elemen ke kanvas
Memadukan elemen desain

Berikutnya buatlah bayangan pada garis horizontal tadi dengan cara Effect>Style>Drop Shadow. Gunakan mode multiply dengan opacity 75% serta Blur 0,18 cm.

Menggunakan Shadow Effect

Buatlah objek dengan menggunakan pen tool untuk memasukkan gambar pecel lele pada bagian kiri lembar kerja anda

Baca Juga  Jenis-Jenis Kertas Dalam Dunia Percetakan Lengkap
Memasukan Gambar Pecel Lele
Membuat Area Gambar

Memasukan Foto Produk di Spanduk Pecel Lele

Untuk memasukkan gambar pada objek yang telah anda buat tadi, masukkan gambar pecel lele anda dengan cara File>Open atau Ctrl+O. Letakkan gambar anda di bawah objek tadi dengan cara klik kanan>arange>Bring to Backward. Seleksi objek dan gambar anda kemudian klik kanan>Make Clipping Mask untuk memasukkan gambar anda pada objek. Letakkan di sisi kiri lembar kerja anda.

Gambar Pecel Lele
Meletakan Gambar Di spanduk Pecel lele
Memposisikan Gambar di bagian kiri

Langkah selanjutnya adalah membuat tulisan pada spanduk pecel lele anda. Gunakan Type Tool dengan font Impact Reguler dengan ukuran 727pt. Pakailah warna putih agar kontras dengan warna background anda.

Membuat Text untuk desain Spanduk Pecel lele
Size Font

Jika sebelumnya anda sudah membuat tulisan nama kedai anda, anda bisa menambahkan tulisan menu pada desain spanduk pecel lele anda. Tetap menggunakan Type Tool dengan jenis font Tahoma Reguler serta ukuran font 320pt. Posisikan di bawah nama kedai anda.

Tahoma Reguler Font

Selain itu anda bisa menambahkan informasi tambahan, seperti facebook, instagram dan nomer wa. Anda bisa mendownload logo-logo aplikasi tersebut di google dan memasukkan di banner anda. Sertakan tulisan nama kedai online anda dan nomer WA anda.

Informasi Tambahan Spanduk Pecel Lele

Menyimpan File desain Spanduk Pecel Lele

Langkah terakhir adalah menyimpan file anda dengan File>Save As atau Ctrl+S. Anda bisa menyimpan file anda dengan file asli adobe ilustrator agar mudah untuk mengedit lagi.

Menyimpan File desain

Mempersiapkan File Desain Untuk di Cetak

Setelah anda membuat desain spanduk pecel lele anda, tentu anda ingin mencetak file anda untuk di pasang di kedai anda. Ada beberapa cara yang harus anda perhatikan untuk mencetak spanduk anda agar terlihat jelas dan bagus.

Pastikan file anda memiliki resolusi yang bagus atau high resolusi

Baca Juga  Tips Membuat Desain Kartu Ucapan Tahun Baru 2020
Resolusi Image yang Bagus

Berilah lebihan 5cm keliling pada desain spanduk anda untuk lipatan saat mencetak. Buka file banner anda kembali dan gunakan Artboard Tool atau Shift + O. Ganti ukuran menjadi 410 dan 110 cm.

Memberi ukuran lebih pada desain spanduk pecel lele
Memberi celah lipatan

Setelah anda membuat lebihan putih keliling, tambahkan garis keliling untuk memudahkan pemotongan spanduk pada saat finishing.  Gunakan Rectangle Tool dan buatlah ukurannya menjadi 410 cm dan 110 cm sesuai dengan ukuran yang sudah anda lebihkan tadi serta berilah stroke 1pt.

Menambahkan garis Potong Untuk Desain Spanduk Pecel lele
Bleed percetakan
Garis Bleed pada desain spanduk pecel lele

Simpan file yang sudah anda edit tadi menggunakan format TIFF, dengan cara File>Export atau Ctrl+E dan Color Mode:CMYK, Resolution:Screen (72 ppi).

Menyimpan file untuk percetakan
Format CMYK

Membawa Hasil desain ke percetakan

Ketika sampai di percetakan terdekat, tanyakanlah terlebih dahulu beberapa informasi penting sehingga anda tidak salah komunikasi dengan percetakan tersebut. Beberapa pertanyaan yang penting adalah bahan yang digunakan, Harga cetak spanduk Pecel Lele dan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk membuat spanduk tersebut. Biasanya Spanduk menggunakan bahan Flexy china untuk harga yang ekonomis atau Flexy Korea untuk daya tahan yang lebih baik.

Jenis Jenis Bahan Spanduk

Mesin yang anda gunakan pastinya akan mempengaruhi hasil cetak, bertanyalah kepada percetakan tentang jenis mesin yang digunakan untuk mencetak hasil desain anda, Mesin digital printing dengan Merk Jepang biasanya menghasilkan warna yang lebih baik. Jika anda sangat peduli dengan kualitas, pastikan anda mengetahui jenis mesin cetak yang dimiliki percetakan tersebut.

Mesin Cetak Digital Printing Untuk Mencetak Desain Spanduk Pecel Lele

Besarnya desain Spanduk Pecel Lele, akan menentukan banyaknya mata ayam yang digunakan, semakin besar spanduknya, semakin banyak pula mata ayam yang anda butuhkan untuk memasangnya di lapak anda. Pastikan untuk memberi tahu kepada customer service mengenai berapa mata ayam yang anda butuhkan untuk Desain spanduk Pecel Lele

Baca Juga  Membuat Desain Brosur Menarik Itu Penting!
Mata Ayam