Berbagai Manfaat Kartu Nama Bagi Para Pebisnis

Manfaat kartu nama sampai saat ini masih memegang peranan penting di kalangan masyarakat menengah ke atas. Tak terkecuali bagi para pebisnis. Mungkin bagi para masyarakat awam, fungsi kartu nama sudah tergantikan. Fungsi tersebut tergantikan dengan adanya smarthpone yang lebih mudah terjangkau ke semua elemen masyarakat. Namun di dalam dunia bisnis, baik untuk pemilik bisnis, karyawan, ataupun marketing dari bisnis tersebut, masih sering terjadi kebiasaan saling bertukar kartu nama.

Manfaat Kartu Nama Bagi Para Pebisnis

Dalam dunia bisnis, menambah relasi adalah hal yang paling penting dalam kehidupan mereka. Menggunakan kartu nama untuk memperkenalkan diri mereka kepada para relasi merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan jaringan interaksi. Di bawah ini tercantum berbagai manfaat kartu nama bagi para pebisnis:

Menunjukkan Informasi Lebih Detail dan Lengkap

Manfaat kartu nama yang pertama adalah para pebisnis dapat menunjukkan profilnya, pekerjaan secara lebih detail dan lengkap daripada sebuah smarthpone. Sebagai contoh saja, pebisnis tidak hanya mencantumkan nama singkatnya saja. Mereka mampu mencantumkan nama panjangnya juga.

Selain itu dapat memberikan informasi beberapa nomor handhpone yang bisa dihubungi. Tidak hanya nama dan nomer handpone saja, akan tetapi dapat memberikan informasi tentang pekerjaan, jabatan, alamat kantor dan alamat tempat tinggal.

Menumbuhkan Rasa Saling Percaya dan Saling Menghargai

Manfaat kartu nama yang kedua, dalam dunia bisnis ketika mereka saling bertukar kartu, akan membuat antar pihak relasi tumbuh perasaan yaitu rasa saling percaya dan rasa saling menghargai. Rasa kepercayaan dan rasa saling menghargai ini penting untuk membangun sebuah penerimaan kerjasama diantara para pebisnis.

Bayangkan saja apabila di antara pebisnis tidak ada rasa saling percaya dan saling menghargai, pasti tidak akan ada suatu bentuk kerelaan dalam kerjasama. Apabila harus ada kerjasama antar pihak, yang ada hanya kerjasama secara keterpaksaan dari kedua belah pihak. Ini karena memang di dalam kerjasama, harus terwujud dua sikap tersebut.

Baca Juga  Ukuran Pamflet dan Jenis-Jenis Lipatannya

Menunjukkan Tingkat Profesionalisme

Manfaat kartu nama yang ketiga adalah menunjukkan tingkat profesionalisme diri ataupun perusahaan. Ketika Anda memiliki sebuah usaha dan memberikan kartu nama pribadi Anda, pihak lain akan menilai kesiapan Anda dalam berbisnis dan bekerjasama dengan mereka. Hal ini dilihat karena kartu nama pribadi ini menjadi ajang untuk pihak lain dalam mengenal Anda dan bisnis Anda secara lebih detail.

Kalau untuk pebisnis di kalangan perusahaan, penggunaan tersebut menunjukkan tingkat profesionalitas di kalangan perusahaan-perusahaan yang akan menjadi relasi dari pebisnis perusahaan tersebut. Jadi memang setiap perusahaan di Indonesia memiliki kartu tersebut untuk saling menonjolkan profesionalisme yang mereka miliki.

Menghindari Julukan “Pebisnis/Perusahaan Penipu”

Dari zaman dahulu hingga saat ini kita masih sering mendengar tentang pebisnis/perusahaan penipu. Dengan alih-alih menawarkan jasa ataupun barang yang mereka jual, para pebisnis ataupun perusahaan menipu tersebut meminta sejumlah uang sebagai bentuk awal kerjasama. Setelah uang tersebut diberikan kepada relasi mereka, para penipu ini pun kemudian kabur dan tidak tahu keberadaannya dimana.

Untuk itu penting bagi para pebisnis untuk memiliki kartu nama agar relasi juga tahu kalau bisnis atau jasa bahkan barang yang mereka jual bukan modus penipuan yang saat ini masih banyak beredar. Jangan sampai usaha, bisnis, ataupun jasa yang kita jalankan mendapat julukan seperti itu.

Tidak Semua Orang Memiliki Smartphone

Manfaat selanjutnya, mungkin di zaman sekarang, bisa dikatakan aneh rasanya kalau ada orang yang tidak tanggap gadget atapun smartphone. Namun tidak menampik ada beberapa minoritas dari penduduk di Indonesia yang belum tanggap terhadap perkembangan gadget ataupun smarthpone.

Untuk mengatasi masalah tersebut, penggunaan kartu nama sangatlah dibutuhkan untuk menjalin kerjasama bisnis ataupun relasi dengan mereka.

Baca Juga  Pengertian POP Marketing dan Contoh Tekniknya

Hal-hal di atas merupakan pemaparan tentang manfaat cetak kartu nama bagi para pebisnis. Tidak diragukan lagi bagi Anda yang sudah memiliki bisnis ataupun usaha yang dirintis, namun belum memiliki kartu nama. Segeralah membuatnya dan bangun relasi bisnis Anda sebanyak mungkin. Ini karena rejeki sering datang dari pintu yang tak terduga-duga.

Related Posts

Write a comment