Berbagai Standar Ukuran X Banner Lengkap

Mengapa manusia cenderung lebih mudah mengingat konten yang disajikan dalam bentuk visual menarik seperti gambar? Alasannya karena manusia adalah makhluk visual. Otak manusia lebih mudah mengingat informasi yang disajikan dalam bentuk visual ketimbang hanya kata-kata atau ucapan verbal.

Visual mengandung komponen yang mustahil ada dalam storytelling: kecepatan. Visual bisa dicerna 60.000 kali lebih cepat dibandingkan dengan kata-kata! Artinya, gambar yang menarik bisa diterima oleh banyak orang dengan jauh lebih cepat.

Seakan mendukung hipotesis di atas, Sociel Science Research Network mengonfirmasi bahwa cara untuk membuat orang bisa mengingat konten atau iklan Anda adalah dengan memberi sentuhan visual menarik.

Hal yang sama juga berlaku ketika berkaitan dengan memasarkan produk atau menyajikan informasi lewat media seperti x banner.

Apa itu X Banner?

Seperti namanya, x banner adalah media untuk menyampaikan informasi atau memasarkan produk yang ketika dibentangkan, rangka penyangganya berbentuk huruf “X”. Media iklan x banner semakin populer dan diminati banyak orang karena sangat sederhana dan mudah cara memasangnya.

Biasanya, ukuran x banner yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan juga membuat orang memilih media ini ketimbang media promosi lainnya. Harganya pun sangat terjangkau dan bervariasi tergantung pada ukuran yang diperlukan. Nah, karena harganya yang cukup murah, biasanya orang memilih x banner ketika mereka perlu meletakkan beberapa media promosi untuk ditempatkan di banyak tempat sekaligus.

Contohnya ketika seseorang perlu mencetak x banner untuk promosi kedai barunya. Atau momen lain saat seorang pebisnis perlu beberapa x banner dalam sebuah pameran atau bazar. Beberapa x banner ini akan ditempatkan di beberapa titik yang strategis dan dilihat banyak orang.

Dengan menggunakan x banner, pengunjung atau calon pembeli akan lebih mudah membaca apa yang ditawarkan. Mulai dari jenis produk atau jasa, harga, proses pembuatan, hingga keunggulannya dibandingkan dengan produk lain.

Baca Juga  Tips Cetak Kartu Nama Agar Terlihat Menarik dan Elegan

Bukan tidak mungkin, dengan desain x banner yang menarik dan visual memikat, orang yang semula tidak terlalu tertarik justru ingin mengetahui lebih jauh tentang produk yang ditawarkan. Itulah mengapa media promosi yang tepat juga menentukan kesuksesan bisnis seseorang.

Bagaimana Menentukan Ukuran X Banner

Seperti yang diketahui, pemasangan x banner sangat mudah dan bisa dilakukan oleh satu orang saja. Cukup mengembangkan rangka dan memastikan banner terbuka sempurna, voila! Iklan dan informasi bisa terpampang dengan sempurna.

Berbagai Standar Ukuran X Banner

Lebih jauh lagi, ada banyak pilihan standar ukuran x banner yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap orang. Biasanya, hal ini disesuaikan dengan lokasi di mana x banner tersebut akan diletakkan. Jika areanya cukup luas, maka tidak masalah meletakkan x banner yang cukup besar. Sebaliknya jika areanya ada di dalam ruangan dan tidak terlalu luas, pilihan x banner yang lebih kecil justru lebih tepat.

Beberapa standar ukuran x banner adalah:

  • Ukuran 60×160 cm

Ukuran x banner pertama yang akan diulas adalah 60×160 cm, yaitu ukuran yang paling kecil dari pilihan lainnya. Dengan media sebesar ini, informasi tetap bisa disajikan namun tidak terlalu memakan tempat. Biasanya ini menjadi pilihan ketika area meletakkan x banner harus berbagi dengan orang lain atau jika areanya sempit.

Perlu diingat untuk menyesuaikan konten atau isi x banner dengan ukurannya. Jangan sampai isinya terlalu penuh dan membuat orang bingung membaca informasi yang dimuat. Buat seringkas dan semenarik mungkin.

Keunggulan dari ukuran x banner kecil ini adalah mudah diletakkan di mana saja tanpa mengganggu area atau benda yang ada di sekitarnya.

  • Ukuran 80×180 cm

Ukuran x banner selanjutnya yang juga tak kalah populer adalah 80 x 180 cm. Ukuran x banner medium ini sangat cocok bagi yang ingin memasang di area yang tidak terlalu sempit. Dengan keleluasaan ukuran ini, informasi yang dimuat juga bisa lebih banyak dan menarik.

Baca Juga  Tren Desain Kartu Natal 2019 Untuk Inspirasi Anda

Dalam sebuah pameran besar, biasanya ukuran x banner 80x180cm digunakan untuk memberi informasi dan menarik pelanggan. X banner ini akan diletakkan di titik keramaian tanpa mengganggu mobilitas dan aktivitas orang yang berlalu-lalang.

Jangan khawatir x banner ini akan memakan tempat karena ukurannya masih sangat wajar dan bisa disesuaikan dengan area sekitarnya. Untuk melipatnya pun sangat mudah, cukup dengan menggulung dan membongkar rangka di belakangnya. Biasanya, ada kantung khusus untuk membawanya ke mana saja dengan mudah.

  • Ukuran 80×200 cm

Ukuran x banner ketiga yang juga sering jadi pilihan adalah 80×200 cm. Terkesan terlalu besar? Belum tentu. Media ini justru penting untuk memberi informasi kepada banyak orang dan bisa dilihat dari kejauhan.

Biasanya, ukuran x banner 80×200 cm banyak digunakan untuk diletakkan dalam acara penting seperti seminar, pernikahan, bazar, perlombaan, dan sebagainya. Sangat lazim x banner dengan ukuran sebesar ini diletakkan di pintu masuk untuk memberi informasi tentang acara yang sedang dihelat.

Umumnya orang akan memilih ukuran x banner yang cukup besar ini ketika memasangnya untuk periode yang lebih lama, misalnya beberapa minggu atau bulan sekaligus. Dengan memasang x banner yang besar, maka informasi juga bisa tersampaikan dengan lebih jelas.

Mudahnya Mencetak

Kini mencetak x banner sudah bukan lagi urusan yang merepotkan. Di era serba digital, mencetak x banner bisa dilakukan dengan cepat. Selain harganya yang terjangkau, x banner juga tahan air dan mudah dibersihkan ketika kotor.

Oleh karena itu, sesuaikan kebutuhan dengan ukuran x banner yang diperlukan. Dijamin, menyampaikan informasi atau memasarkan produk lewat x banner adalah media efektif untuk promosi atau branding yang tepat sasaran.

1 Comments

Write a comment