Fakta Sejarah Hadirnya Kartu Nama Yang Perlu Diketahui

Ada sejarah hadirnya kartu nama yang menarik untuk dibahas. Sayang sekali, hal yang satu ini belum banyak diketahui oleh banyak orang. Padahal kartu nama sendiri menjadi salah satu bagian penting di dalam kehidupan yang diterapkan di berbagai kepentingan.

Kita bisa mengetahui adanya sejarah hadirnya kartu nama dari masa ke masa. Oleh karena itu tak ada salahnya kita untuk mengikuti jejak napak tilas sekilas untuk mengetahui bagaimana sejarah kehadiran kartu nama dari waktu ke waktu.

Sejarah Hadirnya Kartu Nama di Abad ke-15

Sejarah hadirnya kartu nama diawali dari Cina. Sebagian dari kita mungkin sudah ada yang pernah mendengar hal yang satu ini atau bahkan belum. Di sini sejarah kehadiran kartu nama dimulai pada abad ke-15 atau lebih tepatnya tahun 1410 SM – 1500 SM.

Pada abad ke-15 perkembangan dunia percetakan di negeri tirai bambu ini turut mengawali kehadiran kartu nama sebagai suatu sarana sosial atau social card. Masyarakat di sana mengenal kartu sebagai undangan untuk datang di acara khusus kelas atas. Jika dilihat dari segi desain, kartu ini ditulis dengan teknik kaligrafi dan dicetak pada kertas handmade.

Sejarah Hadirnya Kartu Nama di Abad ke-17

Setelah abad ke-15 berlalu, sejarah hadirnya kartu nama ini masih terus berlanjut. Pada abad ke-17 atau lebih tepatnya pada tahun 1601 SM – 1700 SM, sejarah ini mulai berkembang. Jika sebelumnya kartu nama dihadirkan di Cina, maka pada masa kini kehadirannya berada di peradaban Eropa.

Fakta Sejarah Hadirnya Kartu Nama Yang Perlu Diketahui Contoh

Peradaban Eropa memakai kartu nama untuk mengumumkan kehadiran seorang bangsawan menuju suatu kota atau demi memberi kabar akan diadakan pesta atau acara di rumah seseorang.

Pada perkembangan sejarah hadirnya kartu nama, Raja Louis ke-14 mulai memperkenalkan suatu konsep, yaitu kartu dagang. Kartu ini memiliki fungsi sebagai pera penunjuk arah untuk lokasi pedagang tertentu. Material yang dipakai adalah dari woodpress atau kayu yang menerapkan metode cetak letterpress. Ukurannya ada 2, yaitu:

  1. 2,75 – 3,75 inch atau sekata dengan 5 cm, yang diperuntukkan kaum wanita.
  2. 3 – 3,34 inch atau 7 – 9 cm untuk laki-laki.

Sejarah Hadirnya Kartu Nama di Abad ke-18

Pada abad ke-18 atau tahun 1701 SM – 1800 SM, sejarah hadirnya kartu nama kembali berlanjut. Kartu dagang di sini semakin modern dan menggunakan desain lebih stylish. Bagian finishing menggunakan keping tembaga. Tamu pria saat itu adalah menyimpan kartu di dalam kantung pakaian atau dompet.

Kartu identitas sebagai social card ini dianggap sebagai penggambaran siapa Anda. Saat bertamu ke kediaman orang, sebelum dipersilakan masuk, tuan rumah meminta kartu nama terlebih dulu untuk mengetahui siapa yang bertamu.

Sejarah Hadirnya Kartu Nama pada Abad ke-19

Sejarah hadirnya kartu nama pada abad ini berbeda. Abad ini merupakan kelahiran lithographic atau metode cetak di atas permukaan yang licin. Ada banyak pilihan jenis kertas di berbagai percetakan dan mengawali sejarah kartu nama. Di masa Victorian ada beberapa aturan desain kartu nama seperti ini.

  1. Lipatan di pojok kiri atas: pemilik kartu sudah datang langsung.
  2. Lipatan di pojok kiri bawah: tanda perpisahan.
  3. Lipatan di pojok kanan atas: memberi selamat.
  4. Lipatan di pojok kanan bawah: tanda duka cita.

Sejarah Hadirnya Kartu Nama di Abad ke-20

Pada sejarah hadirnya kartu nama di abad ini, sudah ada teknik letterpress printing, yaitu menggunakan plat dan ditekan di permukaan media cetak hingga memberi desain dasar dan pola. Medianya seperti besi atau metal, kayu, plastik, karet, dan kertas. Di sini desain kartu nama pun makin bervariasi.

Fakta Sejarah Hadirnya Kartu Nama Yang Perlu Diketahui Contoh Kartu Nama

Setelah melewati abad ke-20, pada masa kini kartu nama yang disediakan pun semakin bervariasi, baik dari ukuran, bahan kertas, teknik pembuatan, dan fungsinya. Kartu nama ini pun sudah banyak digunakan di berbagai ranah dunia kerja maupun organisasi. Hal ini pun menjadi bagian yang familiar untuk masyarakat di seluruh dunia.

Itulah sejarah hadirnya kartu nama dari masa ke masa. Kita sudah mengetahui hal ini, sehingga tak perlu merasa penasaran atau bingung dengan perjalanan kartu nama hingga sampai pada masa kini.

Baca Juga  Memilih Menjadi Reseller atau Dropship Saja ?

Related Posts