Fungsi Tas Spunbond Dan Keunggulannya

Tas Spunbond adalah tas yang dibuat dari bahan baku kain spunbond itu sendiri. Kain spunbond ini tidak dirancang dengan ditenun, namun dibentuk oleh ikatan serat panjang melalui proses kimia. Pada dasarnya terbuat dari butiran plastik, namun berbeda dengan plastik konvensional. Yaitu dengan beberapa jenis, misalnya polypropylene, polyester, polyethylene, dan PLA. Fungsi tas spunbond sangat banyak sehingga banyak perusahaan memanfaatkannya sebagai media promosi.

Tas ini menggunakan kain ramah lingkungan yang tidak berbahaya dan memiliki daya tahan tinggi. Keunggulan lain dari bahan ini adalah bisa didaur ulang. Sehingga tidak heran jika fungsi tas spunbond telah banyak digunakan sebagai pengganti kantong plastik dan paper bag.

Seringkali tas kain ini digunakan untuk Shopping Bag, Goody Bag, dan Souvenir. Namun bahan kain spunbond ini sebetulnya tidak hanya digunakan untuk tas. Dengan banyak keunggulan yang dimilikinya, bahan ini juga digunakan sebagai masker dan penutup kepala. Cetak tas spunbond biasanya digunakan oleh perusahaan sebagai media promosi. Tas dicetak dengan logo mereka dan dibagikan kepada pelanggan maupun calon pelanggan.

Bahan Kain Spunbond
Bahan Kain Spunbond

Keunggulan Dari Fungsi Tas Spunbond

1. Spunbond lebih tahan lama

Tidak perlu khawatir dengan barang bawaan, tas spundbond cukup kuat untuk membawa barang-barang dengan berat sedang atau yang wajar. Jika dibandingkan dengan bahan plastik dan kertas pun, secara daya tahan tas ini lebih unggul.

2. Tas spunbond bisa dipakai berulangkali

Tas ini bisa dicuci berulang kali dan tetap mempertahankan bentuknya. Hal ini tidak demikian dengan tas-tas berbahan baku lain yang sekali atau dua kali palai, lalu dibuang begitu saja karena mudah robek dan sulit dibersihkan ketika kotor.

3. Tas ini aman dan nyaman dipakai

Baca Juga  Jenis Kertas Untuk Sertifikat Untuk Meningkatkan Kredibilitas

Seperti halnya kantong plastik, tas ini dapat dilipat atau dikecilkan untuk mudah dibawa jika tidak sedang dipakai. Lalu ketika ingin mamakainya, tas ini bisa dibuka untuk dimasuki barang-barang. Namun keunggulan lain pada spunbond adalah memiliki visibilitas udara dan bersifat lebih lembut. Selain itu, Bahan bakunya juga  tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya

4 Tas spunbond dapat berfungsi sebagai souvenir

Karena memiliki beragam warna menarik, tas ini bisa dimanfaatkan untuk beragam souvenir. Tidak hanya sekadar tampilan polos, namun bahan ini juga bisa dicetak dengan desain grafis. Maka dapat ditambahkan desain menarik dan bahkan sering juga digunakan dengan ditambahkan sebuah logo bisnis atau perusahaan sebagai bagian upaya dari strategi branding.

5 Fungsi tas spunbond dengan bahan yang dapat didaur ulang

Manfaat penting dari bahan ini adalah untuk menjaga lingkungan. Dengan tas spunbund, maka kita bisa mengurangi penggunaan kantong plastik. Bisa dilakukan ketika pergi-pergi berbelanja dan keperluan lain yang membutuhkan wadah. Daripada menggunakan plastik setiap kali membutuhkan, lebih baik membawa bahan ini dari rumah.

Cara Merawat Tas Spunbond

Jika Anda mendapatkan tas ini, dari belanja online atau belanja di swalayan. Jangan langsung dibuang setelah dipakai. Namun bisa disimpan dan dirawat. Jika sewaktu-waktu ingin keluar untuk berbelanja bisa menggunakannya. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa tas ini dapat dicuci dan digunakan berulangkali. Namun dalam mencucinya perlu hati-hati atau tidak asal-asalan sebagai upaya untuk perawatan yang lebih baik, sehingga dapat lebih awet lagi.

Pencucian tas spunbond bisa dilakukan untuk bagian dalam maupun luarnya. Caranya adalah dengan mencuci menggunakan air hangat dan deterjen. Itu akan menjaga kualitas kain supaya tetap halus dan tidak cepat rusak. Lalu ketika menyikatnya dengan terlalu kasar supaya serat kain tidak cepat rusak. Kemudian ketika menjemurnya jangan taruh di bawah panas matahari secara langsung, namun keringkan melalui area yang memiliki angin-angin. Setelah tas kering jangan disimpan di area yang memiliki kelembaban, karena dapat membuat kain menjadi berjamur. Tetapi simpan di tempat yang kering.

Baca Juga  10 Langkah Sederhana Wajib Dalam Desain Spanduk

Write a comment