Brosur merupakan alat promosi populer yang sering dibuat dalam bentuk selembaran, lipatan, ataupun booklet. Alat ini sangat penting bagi usaha kecil. Toko-toko atau retail sering meletakkannya di depan atau di ruang tunggu. Selain itu, marketing-marketing perusahaan atau yang biasa di sebut dengan sales juga sering membawa media cetak ini sebagi alat promosi dan branding pada saat sedang mengikuti sebuah pameran atau event seminar yang nantinya dibagikan kepada calon pelanggan anda pada saat lewat di depan stand anda atau pada saat menghadiri sebuah seminar.

Kami percaya sebuah brosur yang di desain dengan menarik dapat mempengaruhi keputusan pelanggan anda dalam berbisnis. Oleh karena itu, banyak perusahaan Startup menggunakan media cetak brosur untuk menyebarkan informasi perusahaannya. Memang informasi yang dapat dibagikan di brosur sangat terbatas, akan tetapi brosur digunakan untuk menciptakan sebuah ketertarikan pada produk anda sehingga terjadi interaksi dengan sales anda.

Di artikel ini kami akan menjelaskan meski di era digital ini banyak orang memasang iklan digital, akan tetapi banyak perusahaan lama dan startup yang masih menggunakan brosur untuk kebutuhan branding dan promosi.

Mempersonalisasikan Bisnis

Teknik membagikan brosur pada sebuah event besar dimana banyak orang berkumpul untuk mencari informasi dapat di ilustrasikan dengan melakukan sebuah presentasi di tengah tengah keramaian. Akan tetapi dengan menggunakan brosur, anda dapat menghemat waktu dikarenakan anda tidak perlu untuk berteriak di tengah tengah keramaian, cukup dengan membagikan sebuah brosur kepada setiap pelanggan anda, dan jika mereka tertarik maka mereka akan melakukan mencari informasi dengan melakukan komunikasi (Telepon atau Email) dengan perusahaan anda.

Oleh karena itu, sering saya berkata untuk memiliki sebuah desain brosur yang baik sehingga anda dapat menyampaikan informasi yang anda inginkan kepada calon pelanggan. Pastikan anda memiliki informasi yang singkat dan jelas dan menarik, untuk itu anda harus memastikan promosi yang disampaikan sesuai dengan taget market (calon) dan up to date (trending). Sebagai contoh jika target market atau calon pelanggan anda adalah anak muda, maka tidak cocok memiliki desain yang kuno dan konservatif, anda harus memikirkan sebuah desain dengan gaya yang kekinian sehingga menarik di mata kaula muda.

Baca Juga  Panduan Memilih Bahan Baku Kertas Paper Bag Paling Kuat

Sebuah fakta yang menarik dari seorang penulis Kingstone Ngwira, di bukunya yang berjudul “Jurnal of Regulatory Frame work in Malawi” menyatakan beberapa faktor yang harus dihindari dalam membuat sebuah brosur.

Memasukan Informasi Yang Berlebihan.

Tentu saja kita sangat bosan jika membaca sebuah brosur yang isinya mengadung banyak text, oleh sebab itu, sebagai seorang desainer, anda harus terfokus dengan informasi yang penting dan singkat yang ingin disampaikan kepada calon pelanggan anda.

Cover Yang Tidak Menarik

Jika anda membaca sebuah brosur dan disana tidak terdapat informasi yang membuat anda tertarik, anda langsung membuangnya di tong sampah. Berikankan sebuah kata kata promosi yang dapat membuat pelanggan anda ingin bertanya lebih contoh “Gratis untuk hari ini saja” atau mungkin sebuah kata yang simple seperti “Paling Murah” kata kata personal ini akan membuat brosur anda lebih dari pesaing anda.

Tidak Sesuai dengan Tujuan

Pernahkah anda bertanya kepada diri anda apakah tujuan dati membuat brosur? Apakah untuk menjual? Atau hanyak sekedar untuk kebutuhan branding saja? Jawaban dari pertanyaan ini akan berlanjut kepada tema yang akan anda gunakan untuk mendesain brosur anda. Seperti contoh, jika anda menggunakan untuk kebutuhan branding, maka anda harus memasukan Logo, Visi misi, dan informasi tentang siapa anda tanpa perlu memasukan kata kata menjual seperti “Gratis” atau “Promo Diskon” cukup sebuah desain simple dan minimalis yang dapat merepresentasikan perusahaan anda.

Dan tentu saja ketika kita berbicara membagikan brosur, tidak semua orang mau membacanya saat itu juga, beberapa orang membaca brosur ketika mereka memiliki waktu luang yang cukup sehingga dapat mencerna informasi yang diberikan oleh brosur dan jika mereka tertarik, mereka akan mencari informasi baik dengan email atau telepon atau dengan membuwa official website perusahaan anda.

Baca Juga  Pengertian Grafika Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Menawarkan Lebih Banyak Informasi

Iklan digital sangat menjanjikan untuk dijadikan pilihan dalam beriklan, akan tetapi kekurangan dalam iklan digital adalah sedikitnya informasi yang dapat dilihat. Disisi lain, brosur memiliki keunggulan dalam menyediakan informasi yang lebih baik ketimbang dengan iklan digital. Di dalam mendesain sebuah brosur, pastinya anda akan meletakan logo dan informasi perusahaan seperti email, nomor telepon, fax, handphone dan informasi yang lainnya yang tidak dapat dilakukan dengan iklan digital.

Alasan Brosur Masih Diandalkan Untuk Melakukan Promosi

Disamping itu brosur memiliki beberapa tipe, Brosur lipat 3 atau brosur lipat 2 yang tentu saja anda memiliki pilihan untuk meletakan informasi lebih untuk pelanggan anda seperti produk produk unggulan anda. Dengan hal ini, anda dapat meletakan informasi dengan melakukan narasi, mulai dari informasi perusahaan anda, info produk anda, sampai dengan promosi promosi yang membuat calon pelanggan anda tergiur dengan penawaran anda.

Lebih Menghemat Biaya

Dibandingan dengan iklan digital, menggunakan media brosur sebagai teknik untuk mempromosikan perusahaan dan branding produk anda adalah pilihan yang ekonomis atau murah. Dengan menggunakan mesin digital printing anda dapat mencetak sesuai dengan kebutuhan. Dahulu, mencetak brosur harus memiliki jumlah yang besar untuk mendapatkan harga yang murah. Dengan majunya digital printing, mencetak brosur sangat cepat dan murah (tergantung dengan jenis kertas yang digunakan). Untuk itu, anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan vendor cetak langganan anda.

Brosur Promosi Mudah Dibagikan

Membagikan brosur untuk kebutuhan branding dan promosi produk anda sangatlah mudah. Anda tidak membutuhkan seorang ahli yang pintar untuk membagikan brosur anda. Cukup dengan SPG (Sales Promotion Girl) atau SPB (Sales Promotion Boy) untuk aktif dalam membagikan kepada calon pelanggan anda. Pastikan untuk melatih SPG dan SPB anda untuk ramah dan sopan kepada setiap orang, tentu saja anda tidak mau mereka kasar kepada orang orang karena itu dapat melukai image perusahaan anda.

Baca Juga  Pengaruh Desain Grafis Terhadap Keputusan Pembelian

Membagikan Brosur Lebih Tertarget

Kendati biaya mencetak brosur promosi relatif murah daripada cara promosi lainnya, bukan berarti bisa menyebarkannya dengan asal-asalan. Hal itu bisa berujung pada pembengkakan budget promosi dan branding anda.

Ada cara-cara efektif untuk membagikan brosur promosi ini, yakni dengan menargetkan mereka sesuai dengan korelasi bisnis dan kebutuhannya. Atau bisa juga melakukan uji coba untuk mengukur seberapa parameter keefektifan metode yang digunakan. Beberapa cara berikut mungkin bisa dicoba.

1. Membagikan brosur langsung secara personal

2. Menyelipkan di dalam surat kabar atau majalah

3. Menaruhnya di tempat-tempat umum yang biasa dilihat orang

4. Menyewa orang untuk membagikan ke area parkir pusat perbelanjaan

5. Membagikan di tempat-tempat antrean seperti transjakarta dan stasiun

Melihat Respon Dari Uji Coba Pembagian Brosur

Jika benar-benar ingin melakukan uji coba keefektifan pembagian brosur. Anda bisa menempatkan nomor telepon dan email yang berbeda pada brosur tersebut. Dengan begitu, Anda dapat melacak semua panggilan ke satu nomor itu atau email yang masuk, dan bisa mengetahui bahwa itu berasal dari brosur yang dibagikan tadi. Hal ini dapat menentukan seberapa effektifkah promosi yang kita lakukan dengan penyebaran brosur.

Teknik ini sering digunakan pada restaurant, Klinik, dan toko untuk mengetahui apakah promosi yang diberikan membuat calon pelanggan tertarik atau tidak, jika tidak maka mereka menggantinya dengan promosi yang baru. Akan tetapi sampling ini berlaku pada area yang tidak jauh dari tempat usaha dikarenakan sulitnya menjangkau area yang jauh.

Related Posts