Jenis Buku Agenda Mana Yang Sering Anda Gunakan

Dengan menggunakan buku agenda bisa meningkatkan produktivitas, ini sebabnya buku agenda masih digunakan banyak orang. Baik sebagai pengingat jadwal atau perencana kegiatan. Ada beberapa pilihan jenis buku agenda yang dapat digunakan sesuai dengan selera. Namun buku agenda yang paling umum ditemui adalah jenis buku agenda spiral.

Mungkin Sering sebagian dari kita tiba-tiba memiliki suatu rencana dan mulai berpikir untuk melakukannya di lain waktu. Namun kemudian tiba-tiba terlewatkan untuk melakukannya. Dengan buku semacam ini bisa membantu kita melacak semua hal yang kita perlukan. Bisa ditempatkan di meja kerja, meja belajar, atau di bawa ke mana pun ketika sedang memiliki kegiatan. Buku agenda mengingatkan kita dari hal-hal penting yang mungkin bisa terlewatkan.

Buku ini juga bisa dikustomisasi sesuai keinginan dan kebutuhan, seperti pada sampul, isi, dan penjilidannya.

Sampul Buku Agenda

Supaya Buku Agenda bertahan lama, bisa ditambahkan sampul sebagai pelindung isinya. Sampul ini bisa dicetak atau polosan.

Berdasarkan jenis bahan, sampul bisa dipilih dengan bahan berikut.

Buku Agenda Dengan Sampul Kulit

Contoh Buku Agenda Kulit

Sampul dengan kulit biasa digunakan untuk hard cover. Dan biasanya tidak dicetak dengan tinta, namun bisa menambahkan finishing seperti Poly, Emboss, dan Deboss pada permukaannya. Harganya pun relatif mahal.

Buku Agenda Dengan Sampul Kertas

Contoh Buku Agenda Sampul Kertas

Sampul dengan kertas bisa digunakan untuk soft cover ataupun hard cover. Biasanya jenis kertas yang dipakai bila untuk soft cover adalah Art Carton atau BW Carton. Sedangkan bila untuk hard cover biasanya memakai Art Paper atau Matt Paper untuk melapisi Board.

Buku Agenda Dengan Sampul Mika

Contoh Buku Agenda Sampul Mika

Sampul dengan mika biasanya tidak dicetak dan digunakan untuk soft cover. Kendati demikian, sering digunakan sebagai pelapis sampul kertas supaya Buku Agenda memiliki rangkap sampul.

Berdasarkan jenis bentuk, sampul bisa dipilih dengan bentuk berikut.

Hard Cover

Hard cover merupakan sampul berbentuk keras. Sampul ini bisa dibuat dari board yang dilapisi kertas atau kulit. Lalu penjilidannya bisa di spiral atau jahit. Sampul ini akan membuat buku lebih tahan lama dan tidak mudah rusak. Cocok untuk Buku Agenda yang digunakan untuk jangka panjang.

Soft cover

Soft cover dibuat dengan sederhana, bisa dengan selembar mika atau kertas karton. Tentu, lebih ekonomis. Bila menggunakan kertas, bisa menambahkannya dengan laminasi supaya sampul lebih awet.

Jenis Buku Agenda Berdasarkan Penjilidan

Seperti halnya buku-buku lainnya, Buku Agenda juga bisa dijilid dengan beberapa gaya. Jenis penjilidan bisa dipertimbangkan dan dikustomisasi sesuai keinginan, Berikut adalah beberapa di antaranya.

Jilid Spiral

Buku Agenda Jilid Spiral Ring Kawat

Dengan jilid spiral ini, buku bisa dibuka datar 180 derajat tanpa menekuk halaman. Penggunaan spiral adalah dengan melubangi tepi-tepi halaman, lalu dimasukkan roll yang berbahan kawat atau plastik. Jenis jilid Spiral ini bisa digunakan pada agenda, karena pada umumnya buku agenda tidak memiliki terlalu banyak isi.

Jilid Jahit Benang

Buku Agenda Jilid Jahit Benang Saddle Stitching

Biasanya jenis jilid ini digunakan untuk sampul yang berbentuk hard cover. Penggunaan jilid jahit benang adalah dengan membagi isi halaman menjadi beberapa bagian. Kemudian bagian ujungnya dijahit ke punggung sampul hard covernya. Jahit benang ini bisa dipadukan dengan jilid lem panas supaya lebih awet dan tidak mudah rusak.

Jilid Lem Panas

Buku Agenda Jilid Lem Panas Glue Binding

Jilid lem panas ini bisa diimplementasikan pada sampul soft cover ataupun hard cover. Jilid ini bisa dijadikan alternatif dari jilid benang untuk harga yang lebih murah. Penggunaannya adalah dengan merekatkan bagian ujung isi halaman ke cover menggunakan perekat berupa lem. Lem yang digunakan ini haruslah yang kuat supaya tidak mudah rontok.

Mempunyai buku agenda pribadi sangat membantu management waktu dalam dunia kerja maupun dunia pribadi. Cetak buku agenda custom untuk mempunyai buku yang berbeda dengan yang biasa dijumpai di toko-toko perlengkapan alat tulis agar Anda lebih tertarik untuk menulis sesuatu di dalam buku agenda tersebut.

Baca Juga  Cara Membuat Desain Standing Banner Yang Paling Efektif