Jenis-Jenis Kertas Dalam Dunia Percetakan Lengkap

Dunia percetakan banyak mengenal jenis kertas yang dapat digunakan sebagai media cetak sesuai dengan kebutuhan dan kecocokan selera penggunanya. Dengan begitu banyak jenis kertas yang tersedia dalam dunia percetakan, perlu mengetahui setiap jenisnya agar dapat menyesuaikan kertas yang tepat untuk keperluan membuat selebaran, kartu nama, sertifikat, ataupun kebutuhan cetak lainnya.

Hasil cetakan selain bergantung pada file softcopy dan mesin / tinta percetakan, juga bergantung pada jenis kertas yang digunakan. Pemilihan jenis bahan kertas yang salah dapat membuat hasil cetakan menjadi tidak maksimal. Ada kalanya meskipun sudah mempunyai design softcopy yang terlihat megah, akan tetapi menggunakan bahan kertas yang tidak sesuai menyebabkan hasil menjadi tampak murahan. Oleh karena itu, penting bagi penyedia jasa percetakan untuk memahami setiap jenis kertas serta karakteristik dari bahan kertas tersebut.

Apa Itu GSM?

Ketebalan dan berat kertas diukur dalam gram per meter persegi (GSM). Dengan GSM yang semakin tinggi, maka kertas semakin tebal. Berikut contoh penggunaan kertas,

  1. Kertas fotokopi sehari-hari biasanya 70-100gsm.
  2. Selebaran, brosur, dan booklet biasanya 120-180gsm.
  3. Cover buku dan majalah biasanya 200-260gsm.

Kertas yang lebih tebal 260-420gsm biasa digunakan untuk keperluan kartu nama, kartu ucapan, dan undangan.

Pada umumnya kertas yang lebih tipis digunakan untuk keperluan yang bersifat sementara, sedangkan kertas yang lebih tebal digunakan untuk keperluan dalam waktu jangka panjang.

Lapisan Pada Kertas

Lapisan kertas dengan laminating dapat membuat warna mengkilap dan halus. Sedangkan kertas yang tidak dilapisi laminasi terlihat lebih alami, tinta akan terlihat sedikit ke serat kertas, dapat digunakan untuk menulis manual menggunakan tangan dengan pulpen atau pensil lebih baik. Berikut penjelasan mengenai lapisan pada kertas.

Baca Juga  Fungsi Tas Spunbond Dan Keunggulannya

Kertas Tanpa Lapisan

Kertas yang tidak dilapisi laminasi tetap bagus GSM berapapun, memberikan kesan alami dan harga lebih murah dibanding jika dilaminasi.

Lapisan Laminasi Glossy

Laminasi glossy dapat memantulkan cahaya menjadikannya terlihat mengkilap dan menghasilkan permukaan yang licin.  Kesan yang ditimbulkan laminasi glossy membuat hasil cetak terlihat mewah dan menarik. Biasanya lapisan laminasi ini digunakan dalam pembuatan kartu nama, undangan, dan poster.

Lapisan Laminasi Matte / Doff

Laminasi matte atau sering juga disebut laminasi doff, terlihat biasa dan tidak memiliki kilauan. Lapisan ini digunakan untuk melindungi hasil cetak printer inject agar gambar dapat bertahan lebih lama. Laminasi doff menghasilkan cetakan terlihat ekslusif.

Jenis Kertas

Berikut beberapa jenis kertas yang sering digunakan dalam industri percetakan.

Kertas HVS

Kertas HVS sangat populer karena sering digunakan untuk mencetak dokumen dan fotokopi. Kertas HVS memiliki warna putih di kedua sisinya. Kertas ini memiliki tekstur yang cukup kasar sehingga cocok untuk menulis dan keperluan kantor lainnya. Gramasi yang populer di pasaran  adalah 70gsm, 80gsm, dan 100gsm.

Kertas Art Paper

Jenis kertas Art Paper adalah yang paling sering digunakan dalam percetakan digital dan offset. Biasa digunakan untuk keperluan flyer, isi buku, company profile, dan sebagainya. Bahan ini memiliki permukaan yang licin sehingga tidak cocok digunakan untuk keperluan  menulis. Gramasi kertas art paper yang populer adalah 120gsm dan 150gsm.

Kertas Art Carton

Kertas ini memiliki tekstur yang mirip dengan Art Paper, hanya saja memiliki ketebalan yang lebih. Kertas Art Carton biasa digunakan untuk cover buku, undangan, kartu nama, poster, sertifikat, dan masih banyak lagi. Kertas ini dapat terlihat lebih mewah jika ditambah lapisan laminasi glossy atau doff. Gramasi populer pada jenis kertas ini adalah 190gsm, 210gsm, 260gsm, dan 310gsm.

Baca Juga  Apa Saja Mesin Yang Digunakan Saat Mencetak Brosur?

Kertas Matt Paper

Jika dilihat secara sekilas, kertas ini mirip dengan Art Paper. Tetapi jika dilihat lebih detail lagi, kertas ini memiliki perbedaan yang mendasar yaitu tidak berkilau atau glossy. Gramasi populer pada kertas ini mulai dari 90gsm – 150gms.

Kertas Ivory

Kertas ini seperti perpaduan antara art paper dan matt paper, karena satu sisi memiliki permukaan yang licin dan halus, namun di sisi belakangnya memiliki permukaan matt atau doff. Kertas ivory sering digunakan dalam pembuatan box atau kemasan produk. Kertas ini memiliki gramasi populer dari 210gsm – 400gsm.

Kertas Duplex

Kertas duplex memiliki warna dasar putih di satu sisinya dan abu-abu di sisi yang satunya. Namun ada juga kertas duplex yang memiliki warna dasar putih di kedua sisinya. Jenis kertas ini sering digunakan untuk box makanan dan obat-obatan. Gramasi yang populer mulai dari 250gsm hingga 400gsm.

Kertas Fancy Paper

Fancy paper memiliki karakteristik dan warna-warna dasar yang unik, sehingga cocok digunakan dalam pembuatan undangan, karena dapat memberi kesan premium. Jenis kertas ini beragam dan memiliki harga yang lebih mahal. Contoh jenis kertas fancy antara lain adalah jasmine, hawaii, mllennium, java emboss, dan masih banyak lagi. Gramasi kertas ini juga beragam, yaitu 300gsm, 220gsm, 100gsm, dan 80gsm.

Selain jenis-jenis kertas di atas, sebenarnya masih banyak lagi yang lainnya. Namun jenis kertas tersebut adalah jenis yang paling sering digunakan dalam industri percetakan.

Write a comment