Jenis Kertas Untuk Sertifikat Untuk Meningkatkan Kredibilitas

Sertifikat adalah sebuah surat yang diberikan untuk penghargaan atau hadiah. Penghargaan bagi suatu pencapaian dari lembaga tertentu, misalnya pendidikan dan kursus keterampilan. Atau hadiah dari perusahaan kepada pelanggan, karyawan, maupun mitra bisnisnya. Oleh karena nilai yang dapat diberikan oleh sertifikat, sebaiknya jenis kertas untuk sertifikat menggunakan bahan yang tepat agar tidak tampak murahan.

Dokumen sertifikat resmi biasanya digunakan untuk:

  1. Gelar perguruan tinggi atau universitas.
  2. Badan dan lembaga akreditasi.
  3. Sertifikat penghargaan.
  4. Institusi dan asosiasi.

Apa pun penghargaan, jika sertifikatnya tidak dibuat profesional akan terlihat tidak berarti. Karena untuk mendapatkannya saja, seseorang membutuhkan waktu dan usaha bagi pencapaiannya. Mereka mungkin akan merasa kurang dihargai. Itulah sebabnya perlu untuk memilih jenis kertas untuk sertifikat yang paling bagus dan Anda juga bisa menambah fitur-fitur supaya lebih mengesankan.

Jenis Kertas Untuk Sertifikat

Jika Anda ingin membuat sertifikat, Anda bisa menggunakan jenis kertas dengan spesifikasi khusus dan gramasi lebih tinggi. Supaya sertifikat terlihat lebih profesional dan tidak mudah rusak, karena sertifikat akan disimpan sepanjang waktu. Bukan hanya sekedar selembar kertas yang tipis.

Anda bisa memilih dua jenis kertas. Yaitu kertas Glossy atau Doff/Matt. Kertas glossy adalah jenis kertas yang mengkilap dan halus. Sedangkan Doff/Matt adalah jenis kertas yang tidak mengkilap dan kasar.

Berikut pembahasan jenis berikut adalah jenis kertas untuk sertifikat yang bagus yang bisa Anda gunakan.

Kertas Glossy

  1. Art Carton, Bahan ini tidak cocok untuk dijadikan media menulis karena permukaannya yang licin. Kertas ini memili warna dasar putih dan teksturnya halus. Gramasi pada kertas ini meliputi 190gsm, 210gsm, 230gsm, 260gsm, dan 310gsm.

Kertas Doff/Matt

  1. Linen Jepang, Bahan ini memiliki tekstur kasar. Permukaannya memiliki tekstur garis dan agak mirip serat pada kain. Gramasi umum pada linen adalah 250gsm.
  2. BW Carton, Bahan ini memiliki tekstur halus dan warna dasar putih, namun permukaannya tidak licin. Gramasi umum pada BW Carton adalah 250gsm.
  3. Concorde, Bahan ini memiliki tekstur kasar namun agak halus, bagian permukaan timbul seperti membentuk garis. Concorde memiliki beragam varian warna yang halus. Gramasi pada kertas ini meliputi 160gsm, 220gsm, dan 250gsm.
Baca Juga  Panduan Memilih Bahan Baku Kertas Paper Bag Paling Kuat

Pemilihan jenis kertas sertifikat dapat Anda sesuaikan. Misalnya jika sertifikat masih perlu ditandatangani manual dengan tulisan tangan, maka disarankan untuk menggunakan kertas Doff/Matt. Namun jika tidak perlu ditandatangani lagi, kertas mengkilap bisa menjadi pilihan bagus untuk Cetak Sertifikat Anda.

Finishing Tambahan Supaya Mengesankan

Kemajuan dalam teknologi percetakan bisa menjadikan rentan terhadap pemalsuan. Bahkan di internet kadang ada yang menyediakan jasa semacam itu dan bisa menyebabkan banyak masalah. Untuk itu, sertifikat boleh saja ditambahkan finishing-finishing untuk meningkatkan kredibilitas dari sertifikat itu sendiri.

  1. Embossing

Emboss adalah kebalikan dari deboss, merupakan salah satu cara memberikan sentuhan dengan efek timbul pada bagian tertentu di bagian kertas.

  1. Debossing

Deboss sama seperti Emboss, hanya saja menukar posisi menjadi tenggelam atau ke dalam permukaan kertas.

  1. Poly

Menjadikan bagian tertentu seperti huruf-huruf atau logo menjadi mengkilat warna silver atau emas. Poly tidak sekuat kilauan, namun akan membuat sertifikat tampil lebih mewah daripada tinta Warna CMYK Standar.

  1. Laminasi

Laminasi membuat kertas tidak mudah sobek dan rusak. Namun tidak semua jenis kertas untuk sertifikat bisa dilaminasi, terutama kertas-kertas yang bertekstur kasar seperti Linen Jepang dan BW Carton.

  1. Kode QR

Bentuk kode yang memiliki kemampuan menyimpan data yang lebih besar daripada Barcode, sehingga mampu mengkodekan informasi ke dalamnya.

Paling tidak hal tersebut akan mencegah atau mempersulit pemalsuan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Write a comment