Jenis Jenis Tinta Percetakan Digital Printing

Jenis Tinta Digital Printing adalah usaha yang sangat berkembang terutama di indonesia ini. Aplikasi yang dihasilkan dari digital printing sangat bervariasi, mulai dari kebutuhan dokumen, kebutuhan promosi, kebutuhan branding, sampai dengan produk apparel seperti baju, tas, sepatu dan topi. Sebagai pengusaha printing, sangat dianjurkan untuk mengerti beberapa jenis tinta yang ada di pasar sehingga tidak melakukan kesalahan dalam membeli mesin cetak. Setiap jenis tinta memiliki aplikasi dan pasar yang berbeda, jika salah membeli mesin akan berakibat cukup fatal untuk kelangsungan usaha. Beberapa jenis tinta yang perlu dipahami

Jenis Tinta Solvent

Tinta Solvent

Solvent adalah jenis tinta yang paling umum digunakan untuk percetakan digital printing. Tinta solvent memiliki karakteristik tahan panas, tahan air dan tahan goresan dan tahan terhadap sinar UV. Oleh karena keunggulan itulah tinta solvent banyak digunakan untuk mencetak media luar ruang atau outdoor. 

Tinta Solvent memiliki harga yang murah sehingga cocok digunakan untuk mencetak spanduk, Stiker dan material lainnya. Disamping itu dikarenakan harga tinta yang bersaing, mesin digital printing tipe Solvent ini sangat digemari oleh pengusaha digital printing untuk mencetak dengan kuantitas besar dengan harga yang sangat bersaing. 

Tinta UV Memiliki tiga komponen penting, Oil Based yang digunakan supaya tinta solvent tetap cair, Pigmen untuk menghasilkan warna dan pigmen memiliki karakter untuk melekat pada bahan dan Resin adalah bahan yang melindungi tinta dari goresan, panas dan air. 

Tinta Solvent memiliki bau yang sangat menyengat sehingga cukup berbahaya bagi orang yang menghirup dalam waktu yang cukup lama. Oleh karena itu pemilik percetakan digital printing diharapkan memiliki ruangan mesin dengan ventilasi yang bagus, serta operator mesin cetak menggunakan masker pada saat mengoperasikan mesin cetak. 

Baca Juga  Panduan Memilih Bahan Baku Kertas Paper Bag Paling Kuat

Eco Solvent

Eco Solvent

Dikarenakan banyaknya pemakaian Solvent yang memiliki dampak yang buruk untuk kesehatan manusia, maka eco solvent hadir untuk memenuhi kebutuhan pasar percetakan digital printing. Tinta eco solvent memiliki komposisi yang lebih ramah lingkungan. Eco solvent sebagian besar menggunakan bahan Alkohol, Glycol Ether and Lactates.  

Mesin cetak Eco Solvent dapat digunakan di ruangan studio dikarenakan baunya yang tidak terlalu menyengat dibandingkan dengan tinta solvent. Tinta ecosolvent biasa digunakan untuk mencetak kebutuhan promosi dalam ruang dikarenakan bahan tidak ecosolvent tidak merusak nozel pada print head. 

Kebutuhan promosi seperti stiker, X banner, Roll up banner, Tripod banner dapat dicetak dengan menggunakan mesin cetak digital printing dengan jenis tinta Eco solvent. Beberapa brand yang sudah ternama dan sering digunakan oleh pengusaha percetakan adalah Roland, Epson, HP dan Mimaki. Mesin Mesin ini sudah terbukti handal dan dapat dipercaya untuk mencetak semua project cetak. 

Jenis Tinta UV

Tinta UV

Meski telah diciptakan sudah cukup lama, mesin digital printing dengan teknologi UV ink menjadi sangat terkenal belakangan ini. Tinta Uv mengering melalui proses yang disebut dengan Foto Mekanis / Photomechanical. Tinta yang sudah di semprotkan di bahan dipaparkan dengan cahaya ultraviolet  sehingga merubah tinta yang cair menjadi padat seketika sehingga menghasilkan warna yang solid dan hi-res. Proses Photomechanical ini menghasilkan proses penguapan yang sedikit sehingga tidak memberikan bau apapun, Hal ini membuat mesin digital printing dengan jenis tinta UV ini menjadi mesin dengan teknologi hijau dan ramah lingkungan serta tidak meninggalkan karbon apapun selama proses cetak. 

Dikarenakan proses pengeringan yang cepat itu, membuat tinta uv dapat mencetak dengan berbagai macam bahan sampai dengan kain dan kertas. Mesin UV dapat mencetak dengan kualitas yang super Hi – Res sehingga untuk mencetak promosi dalam ruang seperti Backlite, Poster, stiker banner sangat direkomendasikan meski harga jual masih relatif tinggi.
Mesin mesin sedang naik daun untuk digital printing dengan spesifikasi UV print adalah mesin Flora, Allwin dan JHF Leopard. Mesin mesin ini sudah terkenal tangguh digunakan mesin seharian penuh beroperasi. 

Baca Juga  Meningkatkan Traffic Bisnis Online Dengan Sosial Media dan Blog

Latex

Tinta Latex

Bersamaan dengan UV printing, tinta latex juga sedang naik daun. Kata tinta latex bukan berarti tinta ini mengandung karet, Kata latex digunakan dikarenakan larangan untuk menggunakan kata resin.

Tingginya kebutuhan akan bahan yang ramah lingkungan membuat tinta latex sangat digemari untuk mencetak material promosi dalam ruang seperti wallpaper, stiker, banner, signage dan lain lainnya dikarenakan tidak menimbulkan bau menyengat yang berbahaya. Tinta latex menggunakan bahan water base yang mudah kering pada saat tinta disemprotkan dari print head. Disamping itu hasil cetak yang dihasilkan dari tinta latex tidak perlu lagi di laminasi dikarenakan sudah tahan goresan. Tinta ini juga dapat melakukan pengerjaan luar ruang resin yang terkandung dalam tinta latex mampu menahan hasil cetak di luar ruang sampai dengan lima tahun lamanya. 

Mesin HP adalah mesin yang pertama kali mengeluarkan mesin digital printing berbasis tinta latex, sekarang ini banyak merk mesin yang juga dapat mencetak dengan tinta latex, jika ingin membeli sebaiknya melakukan survey dan test print sehingga tidak salah dalam membeli mesin cetak. 

Jenis Tinta Sublim

Sublimasi

Tinta sublim adalah sebuah tinta yang dalam melakukan aplikasinya menggunakan bahan transfer paper paper yang lalu dipanaskan ke bahan yang dituju dengan menggunakan mesin pemanas atau Heat Press. Printer ini menggunakan metode Piezoelectric Print Head untuk mencetak

Aplikasi Tinta sublim banyak digunakan untuk kebutuhan mencetak apparel seperti sepatu, Baju jersey, Hijab, kebutuhan promosi seperti casing, Powerbank dan signage. Printer sublim sangat cocok digunakan untuk mencetak apparel dengan jumlah yang sedikit dikarenakan harganya yang lebih bersaing dan hasilnya yang lebih bagus ketimbang menggunakan tinta sablon. 

Baca Juga  Jenis Buku Agenda Mana Yang Sering Anda Gunakan?

Jika ingin membeli mesin cetak sublim, disarankan untuk membeli mesin heat press juga. Mesin heat press yang seperti apa? Tergantung dari produk yang ingin diproduksi, Seperti contoh jika ingin membuat Mug, Maka yang harus dibeli adalah mesin heat press khusus untuk mug. Begitu juga dengan produk kaos jersey, kaos polos jadi. Semuanya membutuhkan jenis heat press yang berbeda beda.