Cara Efektif Dan Lokasi Strategis Untuk Sebar Brosur

Sebagai alat promosi, sebar brosur sangat serba guna untuk mengiklankan produk atau layanan bisnis. Pesan bisa disajikan di dalamnya dengan singkat dan jelas, lalu bisa disebarkan ke lokasi-lokasi strategis. Cukup simpel karena bentuknya yang kecil, narasi promosi bisa dibuat dengan ringkas dan diakhiri dengan ajakan bertindak atau membeli produk.

Namun hal yang mesti diperhatikan adalah cara mendistribusikan brosur ini. Kebanyakan orang terlalu mengalokasikan budget mereka untuk mengikuti tren desain grafis 2019 dan produksi cetak brosur. Padahal cara menyebarkan brosur ini jika tidak efektif, maka biaya yang dikeluarkan sebelumnya sia-sia. Jika kita lihat masih banyak hal semacam ini, padahal selain boros biaya, itu juga tidak menghemat kertas dan tidak mengikuti anjuran untuk ramah lingkungan.

Strategi Ampuh Sebar Brosur

Untuk itu, sangat penting menerapkan strategi sebar brosur yang efektif, bukan hanya sekadar menargetkan audiens, desain, dan produksi tadi. Berikut adalah beberapa lokasi yang masuk akal untuk dicoba dan gambaran cara untuk memaksimalkan dampak menyebarkan brosur.

1. Tempatkan Di Dalam Paket Kemasan

Bagi pemilik bisnis online atau pebisnis yang mengirim pesanan menggunakan layanan kurir, seperti JNE dan TIKI, bisa menyelipkan brosur di dalam paket kemasan itu. Dengan cara ini, produk dikirim ke konsumen sekaligus dengan membuka peluang penawaran baru.

2. Tempatkan Di Lobi Toko

Bagi pemilik toko bisa menampilkan brosur ini di area sekitar tempat konsumen menunggu, misal bisa ditaruh di atas meja atau dipajang khusus supaya terlihat. Brosur yang ditulis dengan baik bisa menjadi bacaan yang bagus. Tidak hanya lobi toko sebetulnya, tetapi di setiap tempat di mana orang harus menunggun untuk waktu yang lama adalah tempat yang tepat untuk menempatkan brosur.

Baca Juga  Alasan Pentingnya Menambahkan Bleed Pada Area Cetak

Selain berfungsi menyambut tamu, ini adalah tempat memamerkan apa yang paling menarik dari bisnis. Dengan melakukan ini, pengunjung dan pelanggan bisa dengan mudah mendapat informasi tentang perusahaan.

3. Sebar Brosur Di Pameran Dagang

Acara pameran dagang sangat memungkinkan untuk membagikan brosur, karena di situ lah macam-macam bisnis bisa dilihat oleh calon pelanggan. Mengikuti acara-acara semacam ini juga cenderung membantu bisnis meningkatkan kesadaran merek. Untuk melakukan itu, tentu perlu bernegosiasi dengan pemilik atau penyelenggara untuk bisa ikut berkontribusi pada acara pameran dagang.

4. Sebar Brosur Di Mall

Biasanya ada banyak pengunjung dan pembeli di Mall. Karena itu memungkinkan untuk mencapai target promosi yang tepat di tempat ini. Untuk menyebarkan brosur di Mall, dapat bernegosiasi dengan pihak management mall terlebih dahulu.

Karena mungkin perlu membayar biaya tertentu untuk bisa menyebarkan brosur di sana, mereka memerlukannya untuk biayanya menjaga kebersihan dan keamanan tempat mereka. Karena itu, perlu mempertimbangkan lagi untuk menyebarkan brosur di tempat-tempat ini.

5. Tempatkan Di Papan Mading

Mungkin Anda menginginkan brosur dipajan? Ada banyak ruang publik yang menyediakan mading dan bisa menjadi tempat meletakkan mading secara gratis. Namun dalam hal ini, harus memastikan bahwa target sesuai.

Pastikanlah tampilan brosur sudah menarik sebelum membagikannya karena seperti yang telah disebutkan tadi, desain brosur yang menarik tidak akan cukup jika penyebarannya tidak dilakukan pada lokasi yang tepat. Hal itu juga berlaku sebaliknya dimana lokasi penyebaran brosur yang tepat tidak akan berhasil jika desain brosur tidak menarik perhatian. Sehingga yang akan terjadi saat orang menerima brosur adalah segera membuangnya. Cobalah mendesain brosur mengikuti panduan psikologi warna, perkuat branding dan bangun ketertarikan emosi audiens itu penting.

Baca Juga  Panduan Memilih Bahan Baku Kertas Paper Bag Paling Kuat

Konklusinya adalah tidak ada satu pun lokasi tertentu dan strategi khusus untuk menargetkan suatu audiens yang tepat. Karena skala bisnis di tempat-tempat publik itu sangat luas. Tetapi paling tidak, dengan usaha penargetan yang lebih sempit bisa mendapatkan calon pelanggan yang potensial dan cetakan brosur tidak menjadi sia-sia. Solusi lainnya adalah Anda dapat menggunakan jasa sebar brosur yang disediakan oleh para profesional. Jangan sampai setumpuk brosur yang dicetak tidak sampai ke tangan calon pelanggan.