Manfaat Souvenir Mug Dalam Melakukan Promosi

Pembagian souvenir oleh perusahaan dan para pebisnis memang bukan hal baru. Hal ini telah menjadi salah satu strategi yang telah lama ada dan masih seringkali dipakai hingga sekarang, baik bagi bisnis kecil maupun bisnis besar. Salah satunya adalah dengan mug promosi.

Mug sering dijadikan barang promosi bagi beberapa perusahaan. Souvenir ini dapat dapat diubah menjadi barang promosi yang murah namun fungsional. Mug bisa menjadi alat promosi efektif, yang di mana pelanggan akan memakainya dalam jangka waktu lama.

Fungsi Mug Promosi

Memang tidak melulu yang harus dibagikan kepada pelanggan atau konsumen adalah katalog atau brosur iklan. Mug juga bisa dijadikan barang promosi seperti halnya materi iklan konvensional. Namun tentunya promosi yang ini bersifat halus, tidak bisa secara terang-terangan menjabarkan produk di area mug. Namun dapat dengan menambahkan logo, slogan, atau desain minimalis lainnya. Itulah merupakan cara memanfaatkan mug promosi ini.

Lalu apa saja fungsi mug untuk promosi? berikut adalah di antaranya.

1. Sebagai Souvenir Terlaris

Mug termasuk salah satu souvenir terlaris. Benda ini telah banyak digunakan untuk menikmati minuman favorit, teh, kopi, minuman dingin, dan sebagainya. Mug juga tidak hanya sebagai barang promosi, banyak digunakan juga untuk souvenir pernikahan dan alternatif kado. Ini karena jenis gelas ini dapat dicetak dengan desain grafis untuk mempercantik tampilannya. Akan tapi, perlu untuk menemukan jasa cetak terbaik untuk menghindari kualitas mug yang jelek.

2. Sebagai Hadiah untuk Konsumen

Sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada konsumen, maka dapat dengan memberikan hadiah kepada mereka. Salah satunya adalah souvenir mug ini. Dengan membagikan mug kepada para konsumen juga dapat meningkatkan loyalitas mereka terhadap bisnis.  Mereka pun akan berterima kasih karena telah diberikan souvenir ini.

Baca Juga  Manfaat Stiker Label Yang Serbaguna

3. Menunjukkan Kapasitas Perusahaan

Souvenir mug cenderung lebih disukai daripada souvenir lain. Karena benda ini dapat menjadi perabot rumah tangga ataupun sekadar alat untuk minum di tempat kerja. Jika digunakan di tempat kerja, tentu akan mengingatkan pengguna terhadap bisnis di setiap kali menggunakannya. Yaitu dengan menaruh logo perusahaan pada desain mug. Dengan ingatan itu, maka setiap kali mereka membutuhkan barang seperti yang Anda jual, maka bisnis Anda akan menjadi pilihan utama mereka.

4. Meningkatkan Keakraban Pelanggan dengan Merek

Mug akan digunakan dalam jangka waktu yang lama. Karena itu, tidak perlu ragu untuk menaruh identitas perusahaan di desain mug. Dapat dengan menampilkan teks, gambar, dan slogan bisnis untuk semakin mengakrabkan mereka dengan merek bisnis. Namun tentunya tidak perlu terlalu banyak atau terlalu bersifat promosi, namun dapat memasukkannya dengan visual minimalis. Desain souvenir yang terlalu bersifat bisnis dan terlalu ramai cenderung kurang disukai.

5. Barang Promosi untuk Jangka Panjang

Di pasaran, mug yang tersedia memiliki berbagai kualitas yang berbeda. Untuk bisa dimanfaatkan sebagai barang promosi jangka panjang, maka dapat dengan memilih jenis mug yang berkualitas supaya awet dan tidak mudah rusak. Sepertinya tidak masalah mengeluarkan sedikit uang tambahan untuk mendapatkan mug yang berkualitas, daripada mengorbankan kualitas hanya untuk biaya yang selisihnya tidak terlalu banyak. Karena biasanya selisih harga mug ini tidak terlalu banyak. Namun untuk itu, dapat melakukan kalkulasi kembali terkait bujet promosi.

Jenis-Jenis Mug Promosi

Ada beberapa jenis mug yang populer di pasaran, yaitu dengan bahan baku yang berbeda-beda. Dengan demikian, Anda dapat memilih mana yang sekiranya cocok untuk bisnis Anda. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Baca Juga  Ukuran Pamflet dan Jenis-Jenis Lipatannya

1. Mug Promosi Keramik

Jenis Mug Keramik

Mug Keramik adalah jenis mug yang paling populer sekarang ini. Jenis ini sangat mudah didapatkan, bahkan toko-toko percetakan kecil pun seringkali menyediakannya. Bahan ini populer karena memiliki daya tahan yang kuat, dapat digunakan untuk minuman dingin maupun panas.

2. Mug Logam

Jenis Mug Logam

Jika Anda menginginkan mug yang tahan banting dan mudah digunakan untuk berpergian, maka mug logam adalah pilihan yang tepat. Jenis ini sangat praktis dan memiliki daya tahan yang kuat juga seperti halnya mug keramik.

3. Mug Plastik

Jenis Mug Plastik

Jika Anda menginginkan mug dengan biaya yang murah, maka jenis plastik adalah pilihan yang tepat. Namun perlu diingat bahwa jenis ini memiliki batasan penggunannya. Kendati tidak mudah pecah seperti keramik, namun bahan plastik  biasanya dapat berbahaya jika seringkali digunakan, apalagi jika untuk minuman panas. Namun sebetulnya sekarang ini, beberapa pengembang mencoba mengoptimalkan atau membuat inovasi untuk penggunaan plastik yang tidak memengaruhi kesehatan.

Write a comment