Manfaat Stiker Label Yang Serbaguna

Manfaat stiker label bukan hanya ditujukan untuk menginformasikan komposisi produk, namun juga diperuntukkan sebagai materi bisnis yang efektif. Kendati kadang-kadang diabaikan dan dibuat seadanya, namun label yang ditaruh pada kemasan bisa memengaruhi persepsi pelanggan. Label ini juga mampu menyoroti produk dan menarik perhatian mata ketika di rak toko.

Lalu apa saja manfaat dari stiker label ini dan bagaimana cara menggunakannya?

Manfaat Stiker Label

1. Keserbagunaan

Stiker label bisa ditempelkan di mana saja dan bisa untuk produk apa saja. Jika produk Anda adalah produk-produk yang tidak rentan terhadap lingkungan, maka bisa menggunakan bahan stiker kertas. Namun jika produk Anda rentan terhadap lingkungan, seperti kandungan minyak, riskan dengan cuaca, dan perlu penyimpanan di lemari pendingin, maka perlu menggunakan stiker berbahan plastik.

2. Keterjangkauan

Tentu jika ditujukan untuk bisnis, maka perlu melihat dari sisi keterjangkauannya. Biaya untuk mencetak stiker adalah satu kali, lain dengan promosi di media lain yang membutuhkan sewa iklan. Lalu dalam hal bahan juga demikian, stiker kertas biasanya harganya sangat murah dan stiker berbahan plastik lebih mahal, namun masih bisa dijangkau untuk kebanyakan bisnis.

3. Menargetkan Audiens

Stiker label bisa dicetak dengan sesuai desain yang diinginkan. Desain ini bisa dipersonalisasi untuk menarik perhatian, yaitu dengan membuatnya tampak menarik dan bisa menarik mata para konsumen ketika melihat-lihat rak toko. Faktanya tampilan kemasan dari luar sangat memengaruhi konsumen dalam memilih produk, jadi siapa yang membuat tampilan lebih menarik, seringkali dialah yang memperoleh pembelian terbanyak.

4. Pelengkap Iklan

Jika kita ingin mengiklankan produk, tentunya kita membutuhkan semacam alat untuk memudahkan konsumen mengidentifikasi produk, supaya mereka bisa menemukan produk kita. Nah fungsi ini bisa masuk sebagai pelengkap iklan, yang mana dengan label ini bisa menjadi ciri khas bagi produk yang dijual dan memudahkan konsumen menemukannya.

Baca Juga  Macam-Macam Ukuran X Banner Indoor

5. Bentuk Konsistensi

Stiker label yang didesain dengan menarik dapat menghasilkan pengalaman pada ingatan pelanggan. Dengan begitu, pelanggan menjadi mudah mengingat tentang produk yang dijual. Lalu bisa mempercepat keputusan untuk pembelian mereka ketika di lain waktu membutuhkan produk sejenis. Sehingga pelanggan tidak mudah beralih ke merek produk lain.

Cara Menggunakan Label Stiker

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat stiker label. Yaitu terkait tujuan dan penargetannya. Misalnya adalah tempat di mana produk akan dipasarkan, apakah di toko, mini market, super market, kafe, ata di tempat lain?

Setelah itu konsep pembuatan bisa disesuaikan supaya bisa menyesuaikan dengan nuansa lingkungan sekitar dan dapat memfokuskan atau menonjolkan tampilan produk dari produk-produk para kompetitor lainnya. Dengan begitu, maka konsumen akan memilih produk Anda untuk dibawa pulang.

Namun selain untuk itu semua, ada beberapa informasi yang biasanya juga perlu dicantumkan pada stiker label, beberapa di antaranya adalah berikut.

1. Nama produk

2. Berat bersih (Netto)

3. Nama produsen atau distributor

4. Bahan-bahan yang digunakan (Komposisi)

5. Nomor pendaftaran pangan

6. Tanggal pembuatan (produksi)

7. Tanggal kadaluwarsa

8. Informasi nilai gizi

9. Tulisan halal

10. Prosedur penyimpanan

11. Peringatan

Pelanggan yang selektif biasanya membaca informasi-informasi tersebut sebelum membeli produk, jika tidak jelas maka mereka tidak akan memilihnya. Bahkan pemerintah mewajibkan pencantuman beberapa dari daftar di atas. Namun semua itu bisa dikemas dengan baik bersamaan dengan tujuan iklan. Yaitu dengan mengkombinasikan materi iklan dan informasi wajib dengan konsep yang tepat. Dengan begitu, produk akan tampak berkualitas.

1 Comments

  • Cole and Ballack join big names including Fabio Aurelio, Thierry
    Henry, William Gallas, David James, Juliano Belletti, Mikael Silvestre, Sol Campbell and Kris Boyd within the long report on free agents available this summer, and following the World Cup,
    there is certain to be huge rush inside transfer market.
    From info on the athletes on the games, action, events along with the drama that surrounds these figures can also be reported with a 24 hourly basis.
    Almost every well-known tennis website and blogsite has tried tackling
    the topic of which tennis players include the most influential
    on and off court.

    Reply

Write a comment