Manfaatkan Bahan Backlite Untuk Display Toko

Saat Anda mencari bahan terbaik untuk banner, papan iklan, atau sistem tanpilan lainnya. Mungkin bisa mempertimbangkan bahan Backlite untuk keperluan Anda. Bahan ini sudah sangat populer dalam dekade terakhir. Cetak dengan bahan ini termasuk dalam kategori digital printing outdoor karena jelas, bahan display satu ini memiliki daya tahan yang bagus sehingga cocok digunakan pada luar ruang.

Pengertian Backlite

Bahan ini memiliki kualitas tinggi dan memiliki sifat agak transparan dengan permukaan yang halus dan cukup tebal. Dengan sifatnya yang agak transparan ini, sering dimanfaatkan toko-toko sebagai bahan neon box. Ini karena ketika disorot lampu dari belakang, bahan ini mampu menghasilkan ketajaman gambar dan memperlihatkan warna yang lebih sempurna.

Pada pengaplikasiannya, sering backlite ditemukan pada neon box di depan toko-toko dan pada stand atau showroom pusat-pusat perbelanjaan sebagai penanda dan untuk menarik perhatian. Dengan memasang alat semacam ini, orang menjadi mudah menemukan lokasi bisnis dan menghidupkan suasana.

Backlite ini dapat dicetak di Printer Large Format dan memiliki kemampuan menyerap tinta yang baik. Bahkan ada pula versi stiker, perbedaannya adalah backlite biasa hanya lembaran. Sedangkan stiker backlite seperti namanya, yakni memiliki perekat. Perekat pada stiker backlite sangat kuat, sehingga tidak perlu khawatir terkelupas.

Kelebihan Bahan Backlite

1. Bahan backlite memiliki berbagai varian ketebalan. Namun meskipun demikian, mungkin perlu menanyakan pada vendor cetak Anda, apakah mereka memiliki banyak varian atau satu jenis saja. Sering toko-toko percetakan hanya menyediakan satu varian sebagai stok reguler, jika menginginkan varian lain dapat berkonsultasi kepada mereka, mungkin mereka dapat memesannya ke suppliernya.

2. Material backlite memiliki daya tahan yang cukup bagus, dirancang untuk dapat digunakan di dalam ruangan dan di luar ruangan. Baik di siang hari maupun malam hari dengan menyorot lampu tadi. Bahan ini cukup menahan cuaca hujan, cahaya matahari, dan angin untuk waktu cukup lama. Tentu cuaca yang dimaksud adalah cuaca sewajarnya, bukan cuaca ekstrim seperti badai, angin topan, dan panas yang terlalu tinggi.

Baca Juga  Inspirasi Desain Spanduk Ramadhan Simpel Untuk Anda

3. Backlite dapat dicetak dengan Printer Large Format, yaitu printer berukuran besar. Sehingga dapat dibuat dengan macam-macam ukuran sesuai yang diinginkan. Semakin besar ukuran media, tentu semakin besar peluang untuk menarik perhatian.

4. Bahan backlite memiliki fungsi yang lebih luas. Memang bahan ini dikhususkan untuk disorot cahaya dari belakang, contohnya adalah untuk Neon Box dan Signage. Namun tidak harus disorot cahaya juga, bahan ini bisa digunakan untuk keperluan banner-banner umum lainnya, seperti Reklame, Billboard dan Papan Nama.

Kekurangan Bahan Backlite

1. Jika dibandingkan dengan bahan-bahan umum seperti Flexi, Albatros, dan Vinyl. Junis bahan digital printing ini biasanya lebih mahal. Bahkan ketika dicetak dengan mesin yang sama. Karena mahalnya terletak pada bahan, bukan harga cetaknya.

2. Jika ingin menggunakan backlite untuk neon box, kelihatannya mudah. Namun pengaplikasian backlite tidak semudah itu. Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, misal dalam hal desain, tidak seperti desain umumnya, perlu memperhatikan pemakaian tulisan dan gambar supaya dapat terlihat jelas di malam hari. Selain itu, pemasangannya juga membutuhkan keahlian dan keterampilan.

3. Backlite ini akan lebih menarik perhatian dari banner-banner lainnya, itu benar. Namun baru-baru ini mulai populer iklan dalam bentuk Videotron, yang mana akan mengalahkan backlite juga. Meskipun sebelumnya backlite sudah mengalahkan bahan lain.

Dengan penjabaran kelebihan dan kekurangan bahan backlite ini, pada akhirnya kembali lagi ke kebutuhan. Baik atau tidaknya untuk memutuskan menggunakan bahan ini tergantung pada keperluan. Kesimpulannya adalah jika ingin membuat banner dengan disorot lampu dan menarik perhatian di malam hari, sangatlah cocok untuk menggunakan bahan ini. Sedangkan jika ingin dipajang seperti biasa, cukup gunakan bahan lain seperti flexi dan albatros yang lebih ekonomis.

Baca Juga  Jenis-Jenis Buku Dalam Dunia Percetakan

Related Posts

Write a comment