Membuat Desain Brosur Menarik Itu Penting

Brosur adalah salah satu materi promosi paling efektif dari sekian banyak materi promosi lainnya. Materi ini sering dibentuk menjadi pamflet lipat ataupun satu lembaran saja. Lalu dapat juga dibuat mengkilap dengan laminasi glossy untuk menangkap mata audiens yang ditargetkan untuk menyampaikan semua informasi yang terkait dengan bisnis. Penting untuk membuat sebuah konsep desain brosur menarik agar pembaca tertarik.

Namun mungkin sering bagi perusahaan mendapati masalah ketika membuat materi promosi dan menjadi kurang efektif. Mereka telah menyatukan beberapa foto, menambahkan daftar produk dan layanan, dan memasukkan informasi kontak mereka. Dan ketika sudah demikian, tapi brosur masih kurang efektif, mungkin Anda bisa menyimak ide-ide berikut.

Ketahui Tujuan Brosur Sebelum Mulai

Sebelum memulai desain brosur, bagi desainer dapat memulai dengan menanyakan kepada klien terkait apa tujuan mereka. Atau bagi Anda yang menggunakan jasa desain bisa memberi tahu tujuan Anda kepada desainer. Apakah diperuntukkan promosi dengan penekanan produk tertentu atau lainnya. Seringkali desain brosur ditujukan untuk menggantikan desain sebelumnya yang kurang efektif. Untuk itu, dapat menentukan konsep ulang untuk mendapatkan arahan terkait apa yang ingin dicapai.

Batasi Font Yang Digunakan

Batasi Font Pada Desain Brosur

Desain brosur tidak memerlukan banyak font. Yang diperlukan adalah font untuk Heading, Subjudul, dan Bagian Isi. Sering desainer menginginkan penggunaan font baru yang sebelumnya belum pernah digunakan. Namun kadang sering juga perusahaan sudah memiliki font khusus yang telah mereka tentukan sebagai bagian dari perusahaan.

Mengoptimalkan Headline

Membuat Headline Brosur Yang Menarik

Hal pertama yang dilihat pembaca adalah headline utama yang ditonjolkan. Untuk itu, perlu diisi dengan gambar-gambar yang menarik atau teks pendek yang informatif. Itu menjadi suatu keharusan supaya pembaca bersedia meneruskan aktivitas membacanya hingga ke isi brosur. Headline utama biasanya juga menjadi pokok promosi untuk mengoptimalkan tampilan dan mendominasi nuansa brosur.

Baca Juga  Apa Saja Mesin Yang Digunakan Saat Mencetak Brosur?

Menampilkan Keterangan Produk Dengan Deskriptif

Desain brosur menarik Anda mungkin ditujukan untuk menjual produk atau untuk menunjukkan kepada pembaca terkait produk yang Anda miliki. Namun dalam penguraiannya, jangan hanya mengacu pada spesifikasi produk. Tetapi dapat didesain dengan brief atau membujuk mereka dan menjelaskan bahwa produk yang Anda tawarkan sangat cocok untuk mereka.

Langsung ke Intinya

Desain brosur tidak seperti buku, sehingga mau tidak mau harus langsung ke intinya dengan narasi yang singkat. Hindari untuk memasukkan informasi yang terlalu banyak terkait produk atau layanan. Hal tersebut cenderung membingungkan pembaca dan melemahkan poin-poin utama pada brosur Anda. Desain brosur yang menarik adalah desain yang tidak bertele-tele, tetapi informatif.

Persuasif

Tentu brosur didesain menarik untuk ditujukan supaya bisa mendapat respon dari audiens. Cara terbaik adalah dangan membuat brief penjualan berkualitas dan memasukkan ajakan bertindak yang efektif. Ajakan bertindak adalah memberikan informasi kepada pembaca mengenai langkah selanjutnya yang bisa mereka lakukan untuk bisnis Anda. Bahasa yang digunakan adalah persuasif. Bahasa memegang peranan cukup penting dalam sebuah desain brosur menarik.

Informasikan Cara Pembelian

Pastikan ada cara untuk berbelanja pada desain brosur. Misalnya menyediakan informasi kontak perusahaan, nomor telepon, dan alamat email. Atau dapat pula menggunakan Kode QR sehingga pembaca dapat menggunakan ponsel untuk mendapat tautan ke halaman situs web perusahaan, terutama mengarahkannya ke halaman produk.

Menguji Desain Brosur

Jika Anda ingin melakukan uji coba efektivitas desain brosur. Dapat menyertakan nomor telepon dan email yang berbeda dari kontak utama kantor sebagai permulaan. Dengan demikian, Anda bisa melacak semua kontak masuk dari brosur yang didesain tadi. Lalu jika memang efektif, bisa diteruskan konsep desain brosur menarik tadi dengan cetak kuantitas banyak.

Baca Juga  Ukuran Pamflet dan Jenis-Jenis Lipatannya

1 Comments

  • Tips membantu nih bagi yang ingin memasarkan produknya..

    Reply

Write a comment