Meningkatkan Traffic Pengunjung Bisnis Online Dengan Sosial Media dan Blog (2)

Bagi Anda kaum millenial, bisnis online menjadi salah satu usaha yang sedang digandrungi. Hal ini tidak lain dikarenakan kemajuan teknologi yang semakin canggih dan berkembang pesat. Dalam beberapa tahun terakhir, dapat dikatakan bisnis secara digital ini mampu menjadi andalan, bagi pengusaha yang ingin memiliki keuntungan besar dengan waktu yang tidak terikat.

Saat situs web Anda tidak memiliki pengunjung yang cukup banyak, website yang Anda miliki akan terancam terkubur di antara situs-situs jual beli lainnya yang ada di internet. Untuk itulah, setiap situs atau website yang diperuntukkan untuk usaha harus memiliki traffic pengunjung yang tinggi, agar keuntungan pun semakin meningkat. 

Perlu diingat, sebagus apapun website Anda, jika tidak memiliki pengunjung, tidak mungkin website tersebut akan bertahan. Untuk itu, sangat penting bagi Anda memahami bagaimana cara meningkatkan traffic pengunjung dalam situs bisnis online yang Anda miliki. Ada beberapa media yang dapat digunakan untuk meningkatkan traffic.

Pertama, Anda dapat menggunakan media daring untuk meningkatkan traffic pengunjung situs jual beli yang Anda miliki. Jika Anda merasa tidak cukup hanya dengan mengandalkan media yang pertama, maka Anda bisa menambah traffic pengunjung melalui platform tersebut. Jika Anda penasaran dengan penggunaan kedua media ini, mari kita simak penjelasannya pada artikel berikut.

Pentingnya Traffic Pengunjung Bisnis Online

Perlu Anda ketahui, hidup dan mati sebuah situs dalam berbisnis secara online didasarkan pada traffic pengunjung pada situs Anda. Sebagai informasi, traffic sendiri dapat didefinisikan sebagai jumlah orang yang telah mengunjungi situs jual beli yang Anda miliki, halaman apa saja yang mereka lihat, dan durasi yang dibutuhkan oleh pengunjung.

Agar lebih meyakinkan diri Anda terhadap pentingnya traffic pengunjung terhadap keberlangsungan bisnis online Anda. Berikut terdapat beberapa pertimbangan yang dapat Anda pahami, sebelum Anda memutuskan untuk mencari cara bagaimana meningkatkan traffic pengunjung pada situs jual beli produk yang Anda miliki.

Apa Itu Traffic

Pertimbangan pertama adalah traffic dari pengunjung yang tertarik dengan isi dari situs atau produk-produk yang Anda tawarkan. Sehingga akan lebih memungkinkan mereka untuk menghabiskan sebagian besar waktu mereka, di situs jual beli yang Anda miliki dan berpotensi memberi tahu situs tersebut ke orang banyak.

Pertimbangan kedua adalah jika pengunjung menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk melihat situs jual beli Anda, maka masih ada kemungkinan mereka akan ikut mendaftarkan diri untuk newsletter pada situs Anda.

Pertimbangan ketiga adalah sebagai pemilik usaha secara online, Anda memang memerlukan jumlah traffic pengunjung. Sehingga traffic harus meningkat untuk mendapatkan keuntungan bisnis yang lebih banyak lagi.

Baca Juga  Jenis Tinta Untuk Mesin Percetakan Digital Printing

Manfaat Sosial Media dalam Bisnis Online

Sosial media, saat ini memang menjadi primadona sebagai media pemasaran bagi bisnis yang dilakukan secara online. Ada beberapa manfaat yang dapat Anda terima, jika menggunakan media tersebut untuk mempromosikan bisnis digital Anda. Manfaat pertama, melalui media ini Anda dapat mencari tahu lebih banyak mengenai pelanggan Anda.

Media ini dapat membantu menemukan pelanggan yang baru, sehingga akan memperluas target pasar. Keempat, melalui media tersebut Anda akan semakin dimudahkan, karena pelanggan dapat memberi feedback secara langsung.

Manfaat Sosmed Dalam Melakukan Bisnis

Melalui SOSMED Anda dapat mengembangkan target pasar Anda dan selangkah lebih maju dari kompetitor Anda. Karena dari media ini Anda akan mendapatkan informasi penting dari kompetitor untuk meningkatkan stratagi pemasaran. Selain itu, media juga dapat meningkatkan pengunjung website, serta meningkatkan ranking pada search engine.

Manfaat menggunakan media daring dalam usaha online, Anda dapat membagikan informasi produk yang Anda miliki secara lebih cepat, sehingga pemasaran produk Anda lebih efektif lagi. Selanjutnya, melalui media tersebut Anda akan membantu konsumen untuk menjangkau bisnis Anda.

Melalui SOSMED tersebut, Anda diberikan kesempatan untuk lebih dekat dengan konsumen produk Anda. Oleh karena itu, komunikasi yang dilakukan antara penjual dan pembeli lebih baik lagi. Manfaat yang terakhir, melalui media daring Anda dapat meningkatkan brand awareness dengan biaya pemasaran yang minim dan terjangkau.

Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung Menggunakan Sosial Media

Bagi Anda yang menggunakan situs jual beli sebagai sarana untuk memasarkan produk Anda, pastinya Anda membutuhkan peningkatan jumlah traffic pengunjung pada situs Anda. Namun, untuk meningkatkan traffic pengunjung bukan sesuatu yang mudah. Karena Anda mau tidak mau harus membutuhkan waktu yang cukup lama.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, melalui platform media daring, Anda memiliki kemudahan untuk meningkatkan traffic pengunjung situs Anda. Dengan biaya yang terjangkau, berikut cara-cara yang dapat Anda lakukan, untuk meningkatkan traffick pengunjung menggunakan sosial media. Hal yang pertama, Anda bisa membangun link pada media daring Anda.

Sebagai pelaku usaha, Anda harus meletakkan link url situs jual beli produk Anda di beberapa platform SOSMED ternama, seperti pada profil Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya. Tidak hanya pada profil, link url dapat Anda bagikan pada setiap konten yang ada di media daring milik Anda. Cara seperti ini cukup efektif untuk meningkatkan traffic pengunjung.

Kedua, pastikan Anda dapat menumbuhkan basis follower di beberapa platform media daring Anda. Biasanya, halaman dengan follower yang berkualitas tinggi dan banyak lebih baik dalam sebuah pencarian. Follower yang berkualitas adalah follower yang real menggunakan platform tersebut.

Baca Juga  Membuat Desain Brosur Menarik Itu Penting!

Ketiga, buatlah konten yang mudah dicari dan mudah untuk dibagikan. Ada beberapa platform yang membuat konten Anda mudah dicari seperti pinterest, youtube, dan facebook. Keempat, Anda wajib menggunakan keywords dalam setiap post Anda. Keywords dapat merujuk pada produk Anda sendiri. Terakhir, Anda dapat menggunakan local listing di Google+ dengan menyertakan alamat usaha Anda. 

Manfaat Blog dalam Bisnis Online

Bagi Anda yang ingin memulai berbisnis secara online, namun masih merasa pemasaran yang dilakukan kurang maksimal, Anda dapat menggunakan blog sebagai solusinya. Dalam penggunaan media ini sebagai platform pemasaran produk Anda secara online, ada beberapa manfaat yang akan Anda peroleh kedepannya.

Pertama, Anda akan mendapat lebih banyak pelanggan yang menggunakan produk Anda. Biasanya jumlah pengunjung dipengaruhi seberapa popular keyword yang Anda gunakan dalam platform Anda. Semakin tinggi rating keyword yang Anda gunakan, semakin banyak jumlah pengunjung yang Anda dapatkan. Kedua, melalui media ini Anda dapat mengenalkan produk baru.

Manfaat Blog Dalam Berbisnis

Di dalam platform ini, biasanya terdapat fitur timeline yang dapat mempublikasikan berita baru dan secara otomatis berita tersebut akan berada pada urutan teratas. Ketiga, menggunakan media ini Anda dapat dengan mudah meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk Anda, karena platform yang lebih personal. Keempat, Anda dapat mengumpulkan feedback dari pelanggan.

Feedback tentunya merupakan hal yang sangat penting bagi keberlangsungan usaha online Anda. Karena, melalui feedback, Anda dapat berbagi informasi penting yang berkaitan dengan perubahan apa yang nantinya harus dilakukan dalam pengembangan produk. Pemberian feedback lebih mudah, karena platform ini termasuk ke dalam web 2.0 yang mengedepankan komunikasi secara dua arah. 

Kelima, dengan menggunakan platform ini sebagai media berbisnis secara online, Anda dapat memasang widget newsletter yang sangat berguna untuk mendapatkan list email yang banyak dari para calon pelanggan. Email-email tersebut, nantinya dapat Anda gunakan untuk keperluan promosi pada produk Anda. Namun pastikan pengiriman email tidak dilakukan secara spam.

Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung dengan Menggunakan Blog

Bagi Anda seorang penggiat online, traffic adalah suatu hal yang sangat penting bagi keberlangsungan usaha Anda. Situs yang terkenal, dapat memberikan keuntungan yang lebih pada bisnis Anda. Sebagai informasi, berikut ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan traffic pengunjung ke dalam situs Anda. 

Pertama, Anda dapat menggunakan cara blog walking. Cara ini berkaitan dengan kegiatan mengunjungi situs orang lain, lalu memberikan komentar di situs tersebut dengan meninggalkan url situs jual beli produk Anda. Perlu diingat, jangan pernah meninggalkan komentar SPAM di situs orang lain. Biasakan memilih situs yang memuat artikel yang relevan dengan produk Anda.

Baca Juga  Fungsi Tas Spunbond Dan Keunggulannya
Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung Dengan Menggunakan Blog

Kedua, sebagai pelaku yang bergerak pada bisnis secara online, Anda dapat mencantumkan link url situs online Anda ke dalam setiap artikel yang Anda bagikan di media tersebut yang telah Anda miliki. Semakin sering Anda mencantumkan link url pada konten Anda, semakin meningkat jumlah traffic pengunjung pada situs jual beli Anda.

Ketiga, Anda bisa menggunakan fitur timeline pada media tersebut sebagai sarana mempromosikan produk Anda secara lebih efekti. Karena, pada fitur ini biasanya Anda dapat menjadikan konten Anda berada pada tingkat teratas, sehingga lebih mudah dilihat pengunjung. Keempat, Anda bisa melakukan guest posting di media tersebut. 

Dengan guest posting, Anda diberikan kesempatan untuk mengirimkan artikel / konten ke media milik orang lain. Tentunya, apa yang kita posting harus sesuai dengan kriteria yang mereka tentukan. Dengan guest posting, Anda dapat memasang link url situs jual beli Anda pada bagian Author, dan isi artikel yang Anda muat. Selain memberikan efek SEO, referral traffic yang dihasilkan cukup banyak.

Tips Pemasaran Bisnis Agar Makin Laris

Kepuasan pelanggan dalam sebuah bisnis secara online pastinya merupakan target utama, agar bisnis Anda semakin laris ke depannya. Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menyenangkan hati pelanggan produk Anda. Pertama adalah dengan mengadakan promosi serta penawaran secara khusus. 

Kedua adalah memberikan pelayanan yang Anda jual, baik sebelum atau sesudah produk Anda terjual. Pelayanan yang baik akan memberikan kesan positif pelanggan terhadap perusahaan. Dengan melakukan pelayanan purna jual, Anda juga dapat membuktikan bahwa Anda bertanggungjawab pada produk yang Anda jual. 

Ketiga, Anda tidak diperbolehkan mengubah harga dengan seenaknya. Meskipun harga sebuah produk memang dipengaruhi oleh banyak hal. Akan tetapi alangkah lebih baik jika Anda tidak menaikkan harga jual secara spontan tanpa melakukan pemberitahuan terlebih dahulu. 

Keempat, sebagai pelaku usaha online, Anda harus berkomitmen untuk berbisnis secara jujur. Dengan reputasi yang baik, maka kepercayaan pelanggan menjadi lebih kuat dan keuntungan yang dihasilkan semakin meningkat.

Kelima, Anda bisa menanggapi feedback dari pelanggan Anda secara baik. Karena pada dasarnya feedback merupakan bahan evaluasi bagi produk Anda kedepannya. Dengan menanggapi feedback pelanggan secara baik, maka pelanggan akan merasa lebih dihargai dan pengembangan bisnis Anda akan semakin mudah kedepannya.

Melalui artikel ini, Anda akan semakin memahami bagaimana cara meningkatkan traffic pengunjung situs jual beli online Anda secara efektif. Tentunya hal itu bisa Anda lakukan dengan menggunakan media daring maupun menggunakan blog.