Panduan Memilih Bahan Kertas Paper Bag Paling Kuat

Sekarang ini paper bag sudah sangat populer dan diminati oleh para pemilik bisnis. Tidak hanya bisnis kelas atas seperti swalayan, namun toko-toko retail pun juga mulai menggunakannya. Bahkan penggunaan paper bag ini lebih disarankan dibanding tas plastik yang lebis sulit terurai. Karena kertas paper bag terbuat dari bahan organik yang bahkan terdapat beberapa bahan yang dapat di daur ulang.

Fungsi Paper Bag

Supaya lebih jelas mungkin perlu kita definisikan terlebih dahulu. Paper Bag adalah sebutan untuk sebuah tas yang dibuat dari bahan kertas tebal sebagai wadah produk atau belanjaan. Namun paper bag masih memiliki fungsi yang lebih luas, yakni sebagai berikut.

1. Wadah produk belanjaan

Ketika kita belanja di toko-toko tertentu, kita bisa mendapatkan paper bag ini secara gratis. Misal di toko baju atau sepatu. Biasanya pada paper bag yang diberikan, ada logo mereka untuk dimaksudkan supaya para konsumen menjadi semakin akrab dengan bisnis mereka.

2. Tas Hadiah

Fungsi Paper bag sebagai tas hadiah ditujukan untuk ucapan terima kasih. Biasanya diberikan oleh pejabat atau sebagai merchandise ketika ada suatu acara.

3. Kemasan Makanan Ringan

Bagi para pelaku usaha makanan ringan. Paper bag biasa mereka gunakan untuk mengemas makanan ringan dan oleh-oleh. Harga cetak paper bag Jakarta tidak mahal, sehingga banyak penjual yang memanfaatkannya untuk menambah keindahan kemasan produk yang dijual.

4. Media Promosi

Perusahaan-perusahaan besar kadang ada dari mereka yang mencetak paper bag bukan ditujukan untuk wadah produk mereka, namun digunakan untuk media promosi. Mereka biasanya memberikan paper bag dengan  menaruh logo mereka pada desainnya.

Sebenarnya masih banyak lagi fungsi paper bag, namun apapun fungsinya perlu memilih Bahan paper bag yang kuat supaya tidak mengecewakan ketika digunakan. Bayangkan jika kertas yang digunakan untuk paper bag mudah robek, lalu membuat belanjaan pelanggan jatuh, pasti sangat merugikan. Untuk itu, berikut adalah panduan penting untuk memilih bahan kertas supaya lebih kuat terhadap beban.

Baca Juga  Alasan Pentingnya Menambahkan Bleed Pada Area Cetak

Panduan Memilih Kertas Paper Bag

Banyak jenis kertas yang beredar di pasaran. Jika Anda ingin membuat paper bag, Anda bisa memilih kertas yang memiliki spesifikasi khusus dengan gramasi yang lebih tinggi. Gramasi tinggi biasanya memengaruhi ketebalannya, untuk itu perlu dijadikan parameter utama dalam memilihnya.

Berikut beberapa jenis kertas yang biasa digunakan untuk bahan baku membuat paper bag:

1. Kertas Art Carton

Spesifikasi bahan kertas Art Carton memiliki permukaan yang licin pada kedua sisinya. Kertas Art Carton ini cukup tebal, memiliki gramasi dari 190gsm, 210gsm, 260gsm, dan 360gsm. Dengan ketebalannya, kertas ini cocok untuk bahan baku paper bag. Untuk memastikan daya tahan, dapat menggunakan kertas yang 310 gsm atau 360 gsm. Menggunakan bahan kertas art carton merupakan solusi terbaik untuk cetak paper bag murah dibandingkan dengan bahan kertas lainnya.

2. Kertas Paper Bag Bahan Ivory

Kertas Ivory ini memiliki ciri seperti Art Carton di satu sisi, namun di sisi satunya berbeda. Jika diamati dengan saksama, Anda akan mendapati perbedaan kertas ini yakni pada permukaannya, warna putihnya seperti warna putih tulang. Sementara Art Carton tadi kedua sisinya tampak licin semua. Gramasi kertas ivory populer mulai dari 210gsm, 230gsm, 250gsm, 310gsm, dan 400gsm.

3. Kertas Kraft / Samson

Kertas kraft / samson ini paling sering disarankan untuk bahan baku paper bag, karena lebih ramah lingkungan dan mudah di daur ulang. Spesifikasinya tentu beda dengan 2 kertas  di atas. Kertas ini memiliki warna coklat kayu, seperti pada kertas semen dan kardus-kardus itu. Sebenarnya ada pula kraft warna putih, lalu sisi baliknya coklat, namun yang paling populer yang warna coklat di kedua sisinya. Gramasi kertas kraft paling populer adalah 125gsm, 150gsm, dan 200gsm. Dengan demikian, paling tidak Anda bisa menggunakan 200 gsm daripada yang lain.

Baca Juga  Gunakan Brosur Untuk Promosi Bisnis dan Branding

Pemilihan bahan kertas paper bag masih dapat Anda sesuaikan. Misalnya untuk menambah daya tahannya, dapat dengan menambahkan Laminasi Glossy atau Doff. Namun tidak semua kertas bisa dilaminasi, misal kertas kraft tadi. Tetapi pada Art Carton, dia bisa dilaminasi di kedua sisinya. Kemudian jika ingin meningkatkan tampilan paper bag, dapat menambahkan finishing tambahan lagi, seperti Emboss, Deboss, dan Poly Emas atau Silver.

Write a comment