Pengaruh Desain Grafis Terhadap Keputusan Pembelian

Kata siapa desain grafis tidak punya pengaruh bagi keberhasilan suatu produk? Kenyataannya, di zaman serba digital ini, visual adalah aspek penting yang perlu diperhatikan. Pengaruh desain grafis menjadi begitu signifikan. Tidak sedikit orang yang memutuskan membeli produk karena terkesan dengan tampilannya yang unik.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Membeli

Ketika membeli suatu barang, apa yang pertama kali Anda pertimbangkan? Beberapa orang akan menjawab karena merknya. Beberapa yang lain mempertimbangkan aspek kebermanfaatannya. Di bawah ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang dalam memutuskan untuk membeli suatu produk :

Kebermanfaatannya

Seseorang membeli suatu barang karena manfaatnya. Pembeli juga mempertimbangkan ketika dia bisa mendapatkan berbagai macam manfaat dalam satu produk yang dibeli dibandingkan dia harus membeli banyak produk untuk mendapatkan semua manfaat yang ada. Tidak jarang pula pembeli hanya membutuhkan satu jenis manfaat dari produk, namun lebih memilih produk yang menawarkan banyak manfaat sekaligus.

Harga Produk

Harga produk juga berpengaruh dalam keputusan membeli. Produk dengan harga murah akan lebih menarik minat orang-orang untuk membelinya, bahkan ketika tidak dibutuhkan sekalipun. Terlebih jika produk tersebut memiliki kualitas yang sama baiknya dengan produk-produk dengan harga mahal. Tentu orang-orang akan lebih banyak memilih produk dengan harga murah walaupun tidak sedikit juga yang percaya dengan istilah “ada harga ada rupa”.

Iklan

Iklan juga memiliki pengaruh yang tidak bisa dianggap remeh. Seseorang yang terpapar iklan suatu produk secara terus menerus, memiliki potensi yang lebih tinggi untuk membeli suatu produk. Melihat iklan yang sama secara terus menerus akan membuat orang tersebut penasaran sehingga memutuskan untuk membelinya. Apalagi jika produk tersebut memiliki iklan yang menarik.

Packaging

Siapa bilang kemasan hanya pemanis produk yang tidak berguna? Kemasan atau packaging ternyata menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan membeli suatu produk. Beberapa orang memutuskan membeli suatu produk karena kemasannya yang unik, seperti pemilihan warnanya, pemilihan bahannya, hingga pemilihan bentuk kemasannya.

Selain dari segi desain dan tampilan, konsumen juga mempertimbangkan seberapa higienis produk yang menggunakan kemasan tersebut. Jadi tidak hanya tampilannya yang unik, namun juga bisa menjaga kualitas produk di dalamnya.

Baca Juga  Fungsi Nota Dan Pentingnya Bagi Perusahaan

Keputusan seseorang dalam membeli sebuah produk memang dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya yang akan kita bahas lebih lanjut mengenai desainnya, baik desain kemasan maupun desain iklan yang dibuat. Desain seringkali dianggap remeh. Padahal desain bisa menjadi kekuatan utama penjualan suatu produk.

Desain Grafis Dalam Suatu Produk

Desain memegang peranan penting dalam suatu produk. Produk yang baik, biasanya memiliki desain yang baik pula. Apalagi di zaman sekarang yang semuanya serba visual, pengaruh desain grafis bisa jadi sangat tinggi dalam keberhasilan suatu produk. Tidak hanya agar berhasil dikenal luas oleh masyarakat, namun juga dipakai oleh masyarakat. Sebuah produk membutuhkan desain grafis untuk hal-hal berikut ini :

Desain Packaging

Kemasan atau packaging merupakan salah satu unsur penting dalam suatu produk. Jika produk itu dijual di toko-toko, maka kemasan adalah hal yang harus kamu perhatikan dengan baik. kemasan adalah hal pertama yang dilihat oleh calon pembeli. Oleh karena itu, kemasannya harus didesain semenarik mungkin untuk bisa mencuri perhatian di antara ribuan produk yang dipajang.

Desain Packaging Untuk Keputusan Membeli

Apabila kemasan produk menarik, konsumen akan mulai tertarik. Bisa saja mereka akan melihat lebih lanjut atau bahkan bisa sampai memutuskan untuk membelinya. Tapi jika kemasan produk itu biasa saja, tidak mampu menarik perhatian pembeli, bagaimana bisa konsumen memutuskan untuk membeli jika mereka saja tidak sadar dengan keberadaan produk kami?

Itulah kenapa desain kemasan itu penting. Produk itu harus memiliki desain kemasan yang bagus agar pembeli tertarik dengan produk itu. Nah, bagaimanakah cara membuat desain kemasan yang menarik?

Desain kemasan yang menarik tidak selalu rumit. Kita dikelilingi begitu banyak gambar visual sehingga yang kita butuhkan bukanlah gambar yang rumit, melainkan gambar sederhana yang mudah diingat. Poinnya ada di kemudahan seseorang dalam mengingat gambar visual yang kita sajikan. Semakin mudah diingat akan semakin baik, entah itu desain yang rumit maupun yang sederhana saja.

Baca Juga  Membuat Desain Brosur Menarik Itu Penting!

Pemilihan warna, font, dan material kemasan juga perlu diperhatikan karena semua itu akan berpengaruh pada citra yang ingin Anda tonjolkan pada produk. Tampilan visual akan menciptakan kesan. Kesan yang muncul inilah yang diperlukan untuk keberlangsungan produk yang dibuat.

Desain Tampilan Laman Sosial Media

Tidak hanya desain kemasan atau packaging, Anda juga perlu mendesain tampilan laman sosial media untuk produk yang akan dijual. Kalau Anda belum mempunya laman sosial media ini, segera buat laman tersebut agar produk lebih mudah ditemukan secara digital.

Tidak hanya digunakan sebagai pengenalan produk, sosial media juga bisa dijadikan sebagai sarana marketing produk. Strategi marketing menggunakan sosial media terbukti lebih murah daripada menggunakan sarana yang lainnya. Terkait berhasil atau tidaknya strategi marketing menggunakan sosial media, semuanya kembali ke bagaimana Anda membuat laman sosial media agar terlihat menarik. Aspek visual adalah hal penting yang harus diperhatikan. Pengaruh desain grafis sangat tinggi untuk bisa menciptakan visual yang menarik.

Pengaruh Desain Grafis

Aspek visual desain grafis memang bisa memanjakan mata konsumen. Selain bisa mencuri perhatian, tampilan produk juga sangat mungkin untuk diingat karena adanya keunikan tersendiri. Pengaruh desain grafis memang cukup signifikan.

Desain Grafis Mempengaruhi Citra Produk

Desain grafis mencakup unsur warna, font, dan aspek visual lainnya. Aspek visual ini bisa mempengaruhi citra produk. Desain produk yang baik akan membuat citranya juga baik. Pemilihan warna dan unsur lainnya yang sesuai akan menciptakan citra yang sesuai dengan produk tersebut.

Desain Grafis Mempengaruhi Harga Produk

Istilah ‘ada harga ada rupa’ tidak hanya berlaku pada produk-produk berharga mahal dengan kualitas yang baik. Namun juga berlaku pada produk-produk yang dikemas dengan desain menarik. Untuk bisa menciptakan desain yang menarik, dibutuhkan waktu, tenaga, dan pikiran yang lebih pula. Dengan kata lain, ada pos biaya untuk hal tersebut.

Baca Juga  Tips Membuat Desain Banner Natal 2019

Selain itu, desain yang pas bisa membuat sebuah produk memiliki kelas yang lebih tinggi. Produk yang memiliki desain kemasan mewah tentu akan berbeda harganya dengan produk yang desain kemasannya biasa-biasa saja.

Desain Grafis Mempengaruhi Keputusan Pembeli

Dari kedua pengaruh desain grafis tersebut, bisa memberikan pengaruh pula pada keputusan pembelian, baik secara langsung maupun tidak langsung. Produk dengan desain kemasan yang menarik tentu akan lebih menarik perhatian dan memanjakan mata. Ketika orang tertarik untuk melihat produk tersebut, berarti dia sudah memiliki awareness atau kesadaran. Tahap ini penting karena semua keputusan untuk membeli diawali dari tahap ini.

Jika orang sudah memiliki awareness, akan muncul interest atau ketertarikan. Pada tahap ini mereka akan mencari tahu mengenai produk tersebut, mulai dari kegunaannya hingga harganya. Bentuknya bisa jadi mengambil produk tersebut untuk dilihat kemasannya dan detail informasi yang ada pada kemasannya. Seseorang bisa saja berhenti di tahap ini, atau lanjut ke tahap selanjutnya. Semua itu tergantung dari informasi yang kamu tambahkan pada kemasan produk.

Setelah melewati tahap kedua, seseorang akan memasuki tahap berikutnya, yaitu desire atau keinginan. Pada tahap ini, seseorang akan merasa ingin memiliki produk tersebut. Rasa suka pada kemasan produk yang menarik berubah menjadi rasa ingin memiliki produk tersebut. Namun juga bisa jadi tahapannya hanya selesai sampai di sini karena mereka tidak terlalu tertarik secara emosional atau karena tidak membutuhkannya.

Bisa juga tahap ketiga tersebut dilalui dengan baik sehingga menghasilkan tahap ke empat, yaitu action. Pada tahap ini, seseorang akhirnya memutuskan untuk membeli atau menggunakan produk yang kamu jual.

Dari penjelasan tersebut, bisa kita lihat bahwa desain grafis memiliki pengaruh yang cukup siginifikan terhadap keputusan dalam membeli suatu produk. Karena yang dilihat oleh calon konsumen untuk pertama kali adalah cover atau tampilan atau kemasannya. Desain kemasan yang menarik akan mampu menarik konsumen untuk membeli produk tersebut daripada produk dengan desain yang biasa-biasa saja.