Pengertian Grafika Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Pengertian Grafika

Sebagian besar dari anda pasti pernah melihat sebuah gambar yang di tampilkan melalui secarik kain kanvas, dinding, ataupun media – media lainnya, jika anda pernah melihat hal tersebut maka itulah yang di namakan dengan grafika.

Grafika adalah sebuah cara penyampaian pesan dengan beberapa jenis media visual yang cara penyampaiannya melalui perantara seperti kain kanvas, media kertas, dinding, batu, yang mempunyai sebuah tujuan yaitu memberikan sebuah informasi ataupun hiburan dalam bentuk – bentuk tertentu seperti tulisan, gambar, angka, simbol, desain, warna, dan masih banyak lagi.

Grafika sendiri merupakan sebuah informasi yang bersifat verbal yang menggunakan sebuah gambar visual untuk menunjukkan informasi yang akan di berikan.

Pembagian Grafika

Meskipun memiliki satu arti yang sama yaitu menyampaikan sebuah pesan tertentu atau informasi, grafika sendiri juga terbagi menjadi 2 bagian lagi, yaitu grafika komputer dan juga grafika komunikasi. Apa itu grafika komputer dan grafika komunikasi? Berikut di bawah ini akan di berikan sedikit penjabaran mengenai pengertian dan juga perbedaan tentang kedua grafika ini.

Apa itu Grafika Komputer?

Grafika komputer adalah cara penyampaian pesannya dengan cara memanipulasi sebuah gambar secara digital, yang kemudian di tampilkan atau di tayangkan pada sebuah media perantara seperti kain kanvas, dinding, tembok, dan masih banyak lagi.

Grafika komputer juga termasuk dalam salah satu ilmu komputer yang mempunyai kaitan yang dengan pembuatan dan juga memanipulasi gambar atau biasa di sebut visual. Grafika komputer sendiri juga terbagi menjadi beberapa bidang ilmu yang akan di jabarkan berikut ini.

Pembagian Grafika Komputer

Grafika komputer sendiri terbagi menjadi beberapa bagiannya, beberapa bagian dari grafika komputer tersebut mencangkup bagian seperti :

  • GEOMETRI

Geometri adalah cara untuk mempelajarai bagaimana trik atau tutorial dalam menggambar sebuah permukaan bidang dalam media visual.

  • ANIMASI

Pada bagian ini akan di pelajari cara untuk memanipulasi sebuah gambar atau pun warna ataupun bentuk lainnya agar dapat bergerak.

  • RENDERING

Untuk bagian ini mempelajari sebuah rumus algometri untuk memulai sebuah perhitungan, pemrosesan data, dan penalaran otomatis agar sebuah grafika dapat menampilkan sebuah efek yaitu efek cahaya.

  • CITRA

Pengertian citra sendiri adalah kombinasi dari sebuah titik, garis, bidang dan warna dari suatu objek untuk mempelajari cara pengambilan dan juga penyuntingan gambar.

Baca Juga  Membuat Desain Brosur Menarik Itu Penting!

Demikian penjabaran mengenai grafika komputer, namun tidak hanya sampai disini saja pembahasannya. Berikut ini adalah beberapa penjabaran mengenai pengertian, manfaat serta contoh dari grafika komunikasi.

Apa itu Grafika Komunikasi?

Grafika komunikasi atau komunikasi grafika adalah sebuah cara penyampaian pesan dengan berbentuk visual yang dimana prosesnya juga melalui suatu sistem yang dapat mengubah sebuah informasi dalam wujud sebuah desain menjadi sebuah benda yang dapat di lihat dan juga di sentuh.

Umumnya proses dari komunikasi grafika ini bermula dari pesan yang disampaikan dari sumber – sumber informasi tertentu yang menggunakan suatu produk informasi, sebelum menjadikan produk tersebut di serahkan kepada orang yang ahli / penerbit untuk di lakukan pengecekan, pengolahan, pengeditan berupa naskah, memeriksa apakah isinya layak atau tidak untuk di tampilkan atau di terbitkan dan juga mengoreksi kesalahan sebuah naskah sebelum di terbitkan.

Grafika komunikasi menggunakan media – media alat cetak sehingga akan menghasilkan sebuah cetakan seperti majalah, surat kabar, katalog, booklet, dan masih lain sebagainya. Cara komunikasi seperti ini biasanya sering di gunakan oleh orang – orang atau perusahaan yang kegiatannya mempunyai tujuan untuk promosi dengan cara yang dapat memudahkan orang lain untuk memahami nya. Oleh karena itu, dunia grafika sangat berhubungan dengan dunia percetakan

Penting nya Grafika  Komunikasi

Dengan berkembangnya teknologi di jaman sekarang, maka komunikasi pun tidak hanya melalui media daring saja, salah satunya adalah jenis komunikasi grafika ini.

Seperti yang sudah di jelaskan di atas  tentang komunikasi grafika yang berarti cara penyampaian pesan yang menggunakan media visual untuk melakukan proses komunikasinya tersebut.

Manfaat Grafika  Komunikasi

Grafika komunikasi sendiri juga memiliki banyak sekali manfaatnya, berikut di bawah ini akan di jabarkan sedikit tentang manfaat dari.

  • Mempermudah Proses Penjelasan Suatu Produk

Jika dibandingkan dengan harus berbicara secara berulang – ulang kepada orang tertentu, dengan adanya grafika  komunikasi ini, akan sangat mempermudah untuk memberi penjelasan kepada orang – orang tersebut.

  • Mudah Untuk Dipahami

Tidaklah sulit bagi orang yang melihat penyampaian pesan dengan menggunakan media visual sebagai perantara, dikarenakan informasi yang terdapat pada media tersebut cukup lengkap sehingga akan memudahkan orang untuk menangkap informasi yang disajikan.

Baca Juga  Perbedaan Digital Printing dan Offset Printing

Contoh Media Grafika Komunikasi

Komunikasi Grafika juga memiliki beberapa media – media visual tersebut, berikut di bawah ini adalah penjabaran tentang media – media visual di dalam sebuah komunikasi grafika.

  • Surat Kabar / Koran

Surat kabar atau yang biasa di sebut juga dengan koran adalah surat yang di cetak dengan menggunakan bahan kertas koran yang masuk dalam kategori penerbitan yang sangat ringan dan juga mudah untuk di buang. Di dalam koran juga terdapat muatan informasi – informasi yang terdiri dari bermacam – macam jenis topik seperti hiburan, olahraga, berita dan masih banyak lagi.

  • Booklet

Selanjutnya adalah booklet, booklet sendiri adalah sebuah buku kecil yang dimana pada isi dari booklet ini termuat berbagai informasi – informasi mengenai produk yang sedang di jual ataupun informasi tentang produk tertentu yang ingin di sampaikan.

  • Katalog & Brosur

Hampir sama dengan booklet, katalog dan brosur juga sebuah media visual yang memuat berbagai informasi produk – produk tertentu yang sedang di promosikan atau sedang di informasikan kepada khalayak ramai, biasanya informasi yang terdapat pada katalog selalu jelas dan juga cukup terperinci.

  • Majalah

Yang terakhir akan di sebutkan disini adalah media visual majalah, majalah adalah sebuah media yang di cetak dengan menggunakan sebuah tinta yang di tuangkan pada kertas dan kemudian akan di terbitkan secara berkala dalam waktu – waktu tertentu.

Demikian pembahasan mengenai pengertian dan juga penjabaran dari grafika, semoga apa yang telah di tulis pada artikel ini dapatlah menjadi artikel yang berguna dan menambah informasi bagi banyak orang.