Pentingnya Desain Grafis untuk Personal Branding Produk

Semua bidang dalam kehidupan membutuhkan desain grafis. Manfaat desain grafis dapat dirasakan secara nyata di kehidupan sehari-hari. Desain grafis sendiri sangat lekat dengan persepsi, pencitraan, dan juga komunikasi. Desain grafis memudahkan dalam pertukaran informasi, membuat suatu informasi menjadi lebih menarik, dan lebih nyaman secara visual. Selain itu, desain grafis penting untuk promosi produk atau perusahaan Anda. Maka dari itulah, desain grafis menjadi salah satu bidang yang diminati oleh generasi muda saat ini.

Beberapa hal yang diperlukan seorang desainer adalah kreativitas dan tentu saja ilmu-ilmu dasar untuk menggunakan aplikasi desain grafis.  Selurus dengan pesatnya bidang marketing, bidang desain grafis pun ikut menanjak peminatnya. Karena di dalam marketing yang bagus juga harus terdapat sebuah desain-desain yang bagus untuk memikat pelanggan. Sebelum berbicara mengenai personal branding, kenali terlebih dahulu desain grafis dan marketing di bawah ini.

Desain grafis adalah seni berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi. Tujuan dari desain grafis adalah menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin dalam bentuk visual yang hasilnya cetak maupun digital.

Desain grafis sangat berguna dalam menunjang kegiatan perusahaan terutama dalam hal marketing. Mulai dari logo perusahaan, banner, brosur, spanduk dan sebagainya untuk menyampaikan visi perusahan kepada masyarakat luas.

Marketing atau pemasaran adalah kegiatan sosial dan sebuah pengaturan yang dikerjakan oleh individu atau sekelompok agar mendapatkan apa yang diinginkan dengan membuat sebuah produk lalu menukarnya dengan nominal tertentu kepada pihak lain. Tujuan pemasaran adalah tujuan yang ditetapkan oleh bisnis ketika mempromosikan produk atau jasa kepada konsumen potensial yang harus dicapai dalam waktu jangka waktu tertentu.

Peran Penting Desain Grafis dalam Dunia Marketing atau Pemasaran

Dalam sebuah program pemasaran, desain berperan sangat penting dalam tercapainya target penjualan. Desain bisa hadir dalam berbagai bentuk, seperti web, desain poster, brosur, flyer, banner dll. Sebuah desain idealnya menjadi bagian dari strategi marketing yang efektif.

Baca Juga  Ukuran Pamflet dan Jenis-Jenis Lipatannya

Desain harus mampu menggambarkan kualitas ataupun citra yang dibangun pada sebuah produk atau perusahaan. Desain yang baik harus bisa menggambarkan apa yang ingin ditampilkan atau ingin dicapai produk/perusahaan. Desain bukan hanya mengatur tata letak tulisan dan gambar dengan bagus. Desain harus mampu menggambarkan tujuan yang ingin dicapai secara visual.

Selain itu, desain juga harus mampu mengidentifikasikan produk/perusahaan yaitu menjadi ciri khas yang nantinya akan membedakan dengan pesaingnya. Jadi, desain grafis penting untuk promosi serta berpengaruh sekali dalam marketing. Sebuah brand/produk/perusahaan jika tak memiliki desain grafis yang menarik maka akan sulit di market-kan, dan sebagus bagusnya desain jika tidak diikuti dengan branding atau marketing yang bagus akan percuma juga.

Alasan Desain Grafis Dibutuhkan Dalam Promosi

Adapun alasan kenapa desain grafis sangat dibutuhkan dalam mempromosikan produk atau perusahaan Anda yang akan diuraikan di bawah ini.

Dapat Menciptakan Branding Perusahaan

Desain memang tidak diragukan lagi berperan penting dalam sebuah bisnis. Dalam sebuah campaign marketing, desain memberikan peran besar untuk menciptakan serta meningkatkan penjualan. Desain bisa hadir dalam berbagai bentuk seperti halnya design web, poster, brosur, flyer, banner dan masih banyak lainnya.

Desain Grafis Dibutuhkan Dalam Branding
Infographic vector created by pikisuperstar – www.freepik.com

Desain merupakan strategi marketing yang sangat efektif. Dimana desain mampu menggambarkan image yang dibangun pada sebuah produk atau perusahaan sehingga menarik customer. Rata-rata alasan orang membeli produk karena media promosi yang bagus terutama desain packaging-nya atau branding dari produk itu sendiri. Dengan desain yang terencana dan tepat sasaran maka akan mampu meningkatkan penjualan.

Desain yang baik harus bisa menggambarkan apa yang ingin ditampilkan perusahaan pada desain tersebut. Desain tidak hanya mengatur tata letak tulisan dan gambar. Sebuah desain harus mampu menggambarkan tujuan yang ingin dicapai secara visual. Selain itu, desain juga harus dapat mengidentifikasikan perusahaan dengan menjadi ciri khas perusahaan yang nantinya akan membedakan perusahaan dengan kompetitornya yang biasa disebut branding.

Mempercepat Proses Pekerjaan

Seseorang dapat memberikan hasil karya dengan menyajikan presentasi pekerjaan berupa gambar, chart, atau sebuah tulisan dengan gaya desain yang bisa mewakili presentasi pekerjaan. Contohnya adalah proposal.

Baca Juga  Pengertian POP Marketing dan Contoh Tekniknya

Tidak perlu menyusun dalam format seperti laporan dengan banyak tulisan yang terkadang membuat orang malas untuk membacanya. Cukup poin-poin penting yang ingin disampaikan dan dibuat dalam bentuk desain yang menarik dan atraktif. Oleh sebab itulah, desain grafis penting untuk promosi perusahaan Anda.

Menghemat Waktu

Kurangnya pengalaman dan pengetahuan para pebisnis di dalam hal desain membuat desain yang mereka buat tidak sesuai dengan selera pasar dan terlalu cepat dimakan oleh waktu. Sehingga dalam hitungan waktu yang singkat mereka harus kembali mendesain ulang logo, kartu nama, kop surat, website, dan lain sebagainya.

Seorang desainer grafis yang profesional tahu apa yang harus mereka desain untuk bisnis. Mereka tahu bagaimana menyesuaikan desain dengan target pasar, dan tahu bagaimana membuat desain Anda bertahan lama.

Persuasi

Desain grafis sejatinya adalah sebuah seni untuk mempengaruhi dan menarik minat orang terhadap sesuatu yang digambarkannya. Inilah yang ingin diangkat oleh tim marketing untuk mempromosikan merek dan image perusahaan. Sebuah logo, merek, atau desain yang menarik hanya membutuhkan beberapa detik untuk membuat seseorang merasakan sebuah sensasi terhadapnya. Jasa desain grafis dapat menjadi hal yang krusial untuk mewujudkan hal ini.

Desain Grafis Berfungsi Sebagai Persuasif Dalam Promosi
Desain Grafis Mambantu Mengarahkan Calon Pelanggan

Mencerminkan Citra Perusahaan

Desain yang menarik mencerminkan bisnis yang menarik juga. Anggapan ini terbukti benar dan terbukti dalam memasarkan produk maupun perusahaan Anda. Dari sebuah desain logo maupun media promosi calon pelanggan akan tahu apa, siapa, dan bagaimana perusahaan Anda. Bahkan desain visual yang digunakan akan mencerminkan di tingkatan mana perusahaan Anda berada. Inilah salah satu parameter desain grafis penting untuk promosi.

Efektifitas

Perusahaan dan bisnis semuanya membutuhkan sebuah pengenalan, identifikasi, dan pengakuan dari target konsumen dan pelanggan potensial. Salah satu cara terbaik untuk melakukan pengenalan ini adalah melalui penggunaan desain visual.

Desain grafis dapat mendorong keinginan dan kebutuhan calon konsumen. Kurangnya pemahaman bisnis oleh seorang desainer visual akan menimbulkan sebuah masalah di mana proses pengenalan tersebut menjadi tidak efektif. Dan pada akhirnya tujuan marketing yang sesungguhnya tidak akan tercapai.

Baca Juga  Jenis Souvenir Yang Ampuh Digunakan Untuk Promosi

Jika Anda berperan sebagai pemilik bisnis, pasti akan banyak sekali masalah yang harus dihadapi, sehingga tak jarang Anda harus melewatkan satu atau dua hal yang berkaitan dengan membuat gambar grafis yang profesional. Padahal, membuat gambar grafis dengan baik untuk media promosi bisa menjadi langkah awal yang bisa Anda pilih untuk mempertahankan kesuksesan bisnis.

Tips Memilih Jasa Desain Grafis untuk Promosi

Meskipun ahli desain grafis kini sudah menjamur, Anda tidak boleh asal memilih jasa desain promosi produk untuk merancang brand perusahaan. Jasa yang dipilih haruslah mengetahui peran penting pembuatan gambar grafis untuk keperluan promosi produk. Oleh karena desain grafis penting untuk promosi produk, maka upayakan memilih desain grafis dengan kriteria seperti di bawah ini.

Mampu Menjaga Citra Brand Perusahaan

Brand perusahaan diawali dengan adanya logo yang mampu memberi pengaruh ke dalam semua bagian bisnis. Desain yang dipakai harus bisa menargetkan calon konsumen dengan cara-cara yang profesional, fungsional, dan atraktif. Di sisi lain, brand perusahaan pun harus terintegrasi ke produk atau layanan yang ditawarkan. Oleh karena itu, Anda tentu memerlukan jasa desain promosi produk yang terlatih dan profesional.

Profesionalisme

Untuk bisa menampilkan kesan pertama yang baik bagi semua calon pelanggan, calon investor, dan klien, gambar logo yang Anda buat harus berkualitas dan tidak murahan. Nantinya, desain yang terbilang tak berkelas ini akan berpengaruh pada citra perusahaan yang cenderung terlihat tidak profesional.

Demikianlah uraian bagaimana desain grafis penting untuk promosi atau marketing dan personal branding produk bagi perusahaan Anda. Dalam hal ini, upayakan memilih jasa desain grafis yang mampu menggambarkan perusahaan secara keseluruhan. Selain itu, upayakan juga sedikit banyak mengerti tentang desain grafis agar dapat berkontribusi dalam rangka mempromosikan produk andalan perusahaan Anda.

1 Comments

Write a comment