Peralatan Kantor Yang Harus Dimiliki Sebuah Perusahaan

Peralatan kantor dikenal juga sebagai Office Stationary. Perlatan ini biasanya berupa barang-barang kecil yang harganya tidak terlalu mahal.  Lalu sering digunakan dan biasanya cepat habis. Peralatan tersebut bisa dengan mudah didapatkan di swalayan maupun toko ATK.

Peralatan kantor ini adalah yang selalu membantu perusahaan menjalankan bisnis setiap hari. Baik di dalam operasional bisnis skala besar maupun kecil. Beberapa di antaranya sebagai berikut.

Macam Macam Peralatan Kantor

Kertas

Kertas adalah peralatan kantor yang ditujukan untuk keperluan dokumentasi. Bagi perusahaan besar ataupun kecil, kertas biasanya menjadi kebutuhan primer untuk menunjang aktivitas kantor. Salah satu jenis kertas yang banyak digunakan adalah HVS, Buffalo, dan Manila/BW Carton.

Pensil dan Penghapus

Pensil adalah peralatan kantor yang ditujukan untuk tulis menulis, lalu dapat juga digunakan untuk menggambar. Alat ini selalu memiliki pasangannya, yaitu penghapus, yang digunakan untuk menghapus atau menghilangkan tulisan dari pensil yang keliru. Dengan begitu, pensil dan penghapus sangat fleksibel dan mudah digunakan.

Pulpen dan Tipe-X

Pulpen seperti halnya pensil yang digunakan untuk menulis, namun pada pulpen hasilnya lebih permanen dan tidak bisa dihapus. Namun bisa ditutupi dengan cairan Tipe-X. Tipe-X ini biasanya berbentuk botol kecil dengan ujungnya yang runcing.

Penjepit Kertas

Penjepit kertas dikenal juga sebagai paper clip. Alat ini digunakan untuk menyatukan beberapa lembar kertas untuk jangka waktu temporer. Jika ingin menyatukan kertas untuk jangka waktu lebih panjang, biasanya menggunakan penjilidan.

Paper clip ini biasanya berbentuk kecil dengan aneka warna dan mudah dilepas. Selain paper clip, ada juga binder clip, yang memiliki fungsi sama namun memiliki daya penjepitan lebih kuat dan berukuran lebih besar. Biasanya ditujukan untuk lembar kertas dengan jumlah lebih banyak.

Baca Juga  Manfaat Souvenir Mug Dalam Melakukan Promosi

Media Penyimpanan Data

Media penyimpanan data diperlukan untuk merekap dan memindahkan data-data digital. Media tersebut bisa berupa Flashdisk, Kartu Memori, dan Hardisk Eksternal. Masing-masing jenis media penyimpanan data tersebut biasanya memiliki kapasitas yang berbeda.

Kartu Nama

Kartu nama adalah alat yang digunakan sebagai kartu identitas staf dan juga perusahannya. Selain itu, bisa digunakan pula untuk media promosi. Peralatan kantor ini berukuran kecil sehingga bisa dibawa kemanapun. Sedangkan untuk di kantor sendiri, biasanya memiliki Box khusus yang digunakan untuk menyimpannya.

Kop Surat

Untuk perusahaan yang bisnisnya sudah berkembang dan maju, biasanya kop surat menjadi peralatan kantor yang wajib disediakan. Daripada lembaran kertas kosong, kop surat ini bisa menampilkan logo perusahaan dan beberapa detail informasi perusahaan yang akan efektif untuk media promosi dan branding.

Amplop

Amplop adalah alat yang biasanya digunakan untuk membungkus surat supaya aman. Amplop ini bisa dibuat dari bahan baku kertas yang dipotong dan dibentuk sedemikian rupa. Selain fungsi utama tersebut, amplop bisa ditambahkan logo bisnis untuk meningkatkan branding dan tampil beda dengan amplop konvensional yang dijual di toko ATK.

Map Folder

Map Folder adalah peralatan kantor yang digunakan untuk menyimpan kertas dan dokumen supaya tidak rusak. Alat ini bisa dibuat dari plastik atau bahan kertas yang tebal, lalu dengan ukuran yang bisa disesuaikan. Namun biasanya tidak ada ukuran baku, karena Map Folder harus lebih dari ukuran yang kertas yang akan disimpannya. Misalnya kertas berukuran A4, maka membutuhkan ukuran yang paling tidak lebih besar sedikit supaya bisa masuk.

Stempel

Stempel adalah alat yang biasanya digunakan untuk mengesahkan suatu dokumen. Misalnya sertifikat, ijazah, nota, dan masih banyak lagi. Alat ini juga memiliki peranan penting untuk merepresentasikan identitas perusahaan untuk memperkuat keputusan dan bentuk pertanggungjawab. Stempel bisa dibuat dengan berbagai bentuk, misalnya Oval, Bulat, dan Kotak.

Baca Juga  Alasan Pentingnya Menambahkan Bleed Pada Area Cetak

Mistar

Mistar dikenal juga sebagai penggaris. Alat ini digunakan untuk mengukur dan bisa juga untuk alat bantu menggambar supaya lurus.Ada berbagai macam mistar, mulai dari yang lurus hingga yang berbentuk segitiga. Alat ini bisa dibuat dari plastik, logam, kayu, dan sebagainya.

Stapler

Stapler adalah alat untuk menyatukan beberapa lembar kertas dengan mengikatnya menggunakan isi staples. Alat ini cukup sederhana, cara menggunakannya adalah dengan menggerakkan dengan tangan untuk menekan isi staples yang bentukmya U untuk mengikat sejumlah lembar kertas.

Gunting

Gunting adalah alat yang digunakan untuk memotong bahan yang tipis. Di kantor, keberadaan gunting juga tidak kalah penting, alat ini bisa digunakan untuk memotong berbagai bahan seperti kertas, plastik, tali, dan kain.

Perforator

Perforator adalah alat yang biasanya digunakan untuk membuat lubang di tepi kertas. Umumnya alat ini digunakan untuk melubangi dokumen sebelum diarsipkan ke peralatan pengarsipan. Lubang yang dibuat biasanya memiliki diameter 5 milimeter.

Perekat

Perekat adalah bahan yang digunakan untuk mengikat dua permukaan atau lebih. Perekat yang dimaksud disini adalah perekat untuk bahan kertas, yang dapat berupa Lem, isolasi, dan lakban.

Pentingnya Memilih Peralatan Kantor Yang Berkualitas

1. Peralatan kantor yang berkualitas menunjukkan profesionalisme

Di dunia bisnis, kesan pertama begitu penting. Karena reputasi merupakan sumber kehidupan bagi perusahaan. Dengan menggunakan peralatan kantor yang berkualitas, dapat memberikan kredibilitas bagi bisnis sambil meningkatkan reputasi perusahaan. Misalnya ketika Anda menggunakan Kop Surat yang berkualitas, dapat membuat pelanggan dan klien merasa lebih nyaman untuk berhubungan dengan perusahaan. Dengan begitu, bisa mempercepat keputusan pembelian.

2 Peralatan kantor yang berkualitas sangat bagus untuk berjejaring

Peralatan kantor yang berkualitas tinggi, seperti kartu nama mewah, bagus untuk membangun eksposur merek dan mendapatkan arahan. Berbeda dengan pesan digital, kartu nama menawarkan cara visibel untuk berkomunikasi dengan pelanggan potensial.

Baca Juga  Gunakan Brosur Untuk Promosi Bisnis dan Branding

Related Posts

1 Comments

Write a comment