Apa Perbedaan Digital Printing Indoor Dan Outdoor

Pernahkah Anda mendengar istilah print indoor/outdoor atau cetak indoor/outdoor? Kedua jenis tersebut termasuk ke dalam kategori digital printing large format. Printer Large Format adalah jenis printer yang digunakan untuk produksi media periklanan dengan ukuran besar. Seiring berjalannya waktu printer ini semakin populer. Hal itu dikarenakan permintaan konsumen yang terus tumbuh secara pesat. Bisa kita lihat di yaitu, sepanjang jalan kota-kota besar Spanduk, Baliho, dan Papan Iklan, itu semua sebagian besar dicetak menggunakan printer besar ini. Demikian pula stiker-stiker di dalam ruangan gedung, stiker kaca, poster, wallpaper, dan banner-banner, di dalam lingkungan pameran.

Dengan kemampuan cetak di ukuran besar, printer ini mendukung produksi cetak dari bahan berbentuk gulungan dengan panjang dan lebar maksimum. Selain itu, mereka juga ideal untuk cetak bahan yang memiliki desain visual tinggi dan bahan bergramasi berat. Produk cetak berukuran besar ini sangat efektif untuk menciptakan dampak lebih besar dan menarik perhatian audiens lebih banyak. Namun meskipun sama-sama Digital Printing Large Format, pada prakteknya Printer ini dibagi menjadi 2 jenis, yaitu Indoor dan Outdoor. Keduanya memiliki perbedaan sebagai berikut.

Perbedaan Digital Printing Indoor Dan Outdoor

Secara nama dapat diketahui bahwa Perbedaan Digital Printing Indoor dan Outdoor adalah penempatannya. Penempatan Indoor berada di dalam ruangan, sedangkan Outdoor untuk di luar ruangan. Namun meski demikian, perbedaannya tidak hanya berhenti di situ, karena printer, tinta, dan bahan cetak yang digunakan juga dapat berbeda. Lebih lanjut sebagai berikut.

Digital Printing Indoor

Digital Printing Indoor mencakup materi-materi cetak yang tidak tahan terhadap cuaca, sinar matahari, dan hujan. Jika dibandingkan dengan Outdoor, dia kurang tahan lama. Bahan dan cetakan dapat lebih mudah rusak dan memudar, bahkan ketika dilapisi dengan laminasi sekalipun. Namun memang jenis ini bukan diperuntukan di situasi-situasi rentan seperti itu, namun diperuntukan di lingkungan yang lebih terjaga.

Baca Juga  Fungsi Tas Spunbond Dan Keunggulannya
Digital Printing Indoor Large Format Vendor Cetak
Contoh Produk Cetak Indoor

Printer Indoor ini memiliki kelebihan, yakni hasil cetaknya lebih berkualitas tinggi dan bagus, dapat lebih detail sekalipun dilihat dari jarak yang dekat. Ini dikarenakan, tinta yang digunakan adalah water base atau cat air. Selain itu, bahan yang digunakan juga bahan-bahan yang lebih soft, seperti Kanvas, Albatros dan Stiker Vinyl.

Jika secara biaya, pada umumnya harga cetak indoor cenderung lebih mahal daripada outdoor. Digital Printing Indoor cocok digunakan untuk produksi cetak keperluan dekorasi dinding, Point of Purchase (POP), foto besar, dan kebutuhan-kebutuhan di dalam retail.

Digital Printing Outdoor

Digital Printing Outdoor mencakup materi-materi yang lebih tahan terhadap kondisi luar ruangan. Baik cahaya matahari, angin, dan hujan. Tentu itu dalam cuaca yang masih wajar. Namun di samping kekuatan Digital Printing Outdoor ini, hasil produksi cetak tidak sedetail Indoor. Tetapi bukan berarti hasil produksinya tidak bagus, hasil cetak outdoor tetap bagus.

Digital Printing Outdoor Large Format Vendor Cetak
Contoh Produk Cetak Outdoor

Dan pada umumnya memang jenis ini digunakan untuk proyek cetak di suatu lokasi yang dilihat dari jarak yang agak jauh. Misal di sepanjang jalan dan di depan gedung-gedung. Dengan cetakan yang besar, mereka dapat dengan mudah dilihat dan dibaca, dalam upaya untuk menyampaikan pesan kepada audiens.

Meski secara biaya, harga cetak outdoor ini lebih murah daripada indoor. Daya tahannya justru lebih tinggi, yakni dengan menggunakan tinta solvent (minyak) dan bahan bergramasi tinggi seperti Flexi China, Flexi Korea, dan Flexi Jerman. Digital Printing Outdoor ini cocok digunakan untuk produksi cetak keperluan Spanduk, Umbul-Umbul, Baliho, Billboard, Neon Box, Signage, dan kebutuhan-kebutuhan di luar ruangan lainnya.

Untuk memilih mana yang tepat, dapat dengan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Apakah ingin mencetak untuk keperluan di dalam ruangan dengan kualitas tinggi. Atau mencetak keperluan luar ruangan supaya tidak perlu mengkhawatirkan efek-efek lingkungan terhadap media promosi Anda.

Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Media Cetak

Dengan perkembangan kedua teknologi digital printing large format ini, waktu produksi menjadi lebih cepat dan efisien. Dan mereka sudah berhasil memenuhi kebutuhan konsumen dengan harga yang lebih terjangkau dari teknik cetak lain terdahulu seperti teknik sablon. Digital Printing ini sebetulnya juga sudah termasuk teknik cetak yang memiliki biaya produksi murah dibanding teknik cetak lain, dengan tetap mempertahankan kualitas hasil produksinya.

1 Comments

Comments are closed.