Perbedaan Laminasi Glossy dan Doff Beserta Fungsinya

Meskipun terdapat perbedaan bahan antara laminating glossy dan doff, fungsi dari laminasi kertas adalah untuk melindungi kertas dari kotor, kusut, kerusakan, dan pemudaran warna. Dokumen-dokumen penting seperti sertifikat, surat pernikahan, atau yang sering ditandatangani untuk penyimpanan jangka panjang memerlukan ini. Bukan hanya itu, laminasi pun sering digunakan di poster, sampul buku, dan beragam jenis banner. Karena terdapat jenis bahan umum berupa laminating glossy dan laminating doff, yang mampu menghasilkan kesan khusus masing-masing.

Perbedaan Laminating Dan Laminasi

Sebelum kita berangkat untuk membahas perbedaan glossy dan doff, kita perlu mengetahui perbedaan laminasi dan laminating. Karena mungkin ada sebagian dari kita yang belum mengetahuinya.

Berikut adalah pengertian laminasi dan laminating menurut KBBI.

Pengertian Laminasi adalah pelapisan bahan tipis dengan lempeng pada kedua sisinya. Lebih lanjut KBBI juga mengartikan laminasi adalah bahan pelapis bahan tipis pada kedua sisinya.

Sedangkan pengertian Laminating adalah melapisi barang yang tipis dengan lapisan tebal (keras) pada kedua sisinya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa laminasi merupakan kata benda, sementara laminating merupakan kata kerja. Sehingga keduanya adalah sama, perbedaannya hanya pada kelas kata.

Dengan demikian, ketika kita pergi ke sebuah vendor percetakan, dapat dengan mengatakan “mau laminating dokumen” yang berarti ingin melakukan laminasi untuk dokumen. Atau dapat pula mengatakan “mau melakukan laminasi dokumen” yang berarti ingin menggunakan jasa laminating mereka. Karena sama saja.

Apa Perbedaan Laminating Glossy Dan Doff?

Laminasi dapat digunakan ketika sebuah proyek cetak membutuhkan sentuhan atau tambahan kesan khusus. Bila menginginkan hasil yang profesional dan kredibel. Memilih glossy atau doff dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Laminating Glossy

Perbedaan Laminasi Glossy dan Doff Beserta Fungsinya Glossy

Laminating glossy adalah penggunaan laminasi untuk hasil yang mengkilap dan tampak berkilau. Glossy secara visual menakjubkan, menampilkan gambar lebih bersih dan memberikan semangat. Laminasi ini tahan lama, karena dapat mengusir debu, kotor, dan sidik jari. Ketika permukaannya bersentuhan dengan debu, ia mudah dibersihkan. Laminasi ini cocok untuk Paperbag, Kartu Nama, Banner Stand, dan masih banyak lagi.

Baca Juga  Tips Memilih Jasa Cetak Terbaik Untuk Hasil Maksimal

Laminating Doff

Perbedaan Laminasi Glossy dan Doff Beserta Fungsinya Doff

Laminating doff adalah penggunaan laminasi untuk menghadirkan penampilan redup yang menyerap cahaya. Doff atau biasa juga disebut matte mampu membuat hasil seolah-olah tampak terbungkus film dan halus. Doff sering digambarkan sebagai hasil akhir yang profesional dan elegan. Laminasi ini merupakan pilihan yang modis untuk itu. Laminasi ini dapat menghasilkan kontras yang lebih rendah pada warna yang lebih gelap, sehingga menghasilkan tampilan keseluruhan yang lebih lembut.

Mana Bahan Laminasi Yang Lebih Baik?

Tergantung pada proyek. Laminasi glossy menarik mata dengan warna kontras tinggi dan kemilau. Sementara Doff menawarkan tampilan dan nuansa yang terasa lembut dan mewah.

Pada umumnya hasil akhir yang mengkilap (glossy) paling cocok digunakan untuk barang sehari-hari seperti sampul buku, bahan pelajaran, menu restoran, dan sebagainya. Sementara Doff sering digunakan untuk gambar yang di letakkan di bawah paparan cahaya secara langsung.

Karena Doff mampu menyerap cahaya, sehingga bekerja dengan baik untuk membelokkan silau cahaya yang terang. Dengan begitu ia mampu membuat gambar terlihat dari jarak atau sudut mana pun tanpa silau.

Namun pada akhirnya, laminasi adalah pilihan yang benar-benar dapat dievaluasi dengan sample dilihat langsung. Memesan contoh buku dalam berbagai laminasi dapat memberi Anda parameter untuk membandingkan dan memutuskannya sendiri. Perlu dilakukan terutama jika ingin mengadakan proyek cetak yang cukup banyak.

Demikian pembahasan mengenai Fungsi Laminasi Dan Perbedaan Bahan Laminating Glossy Dan Doff, semoga bermanfaat dan membantu Anda dalam memilih Glossy atau Doff untuk proyek cetak Anda.

Write a comment