Perbedaan Sertifikat dan Piagam Beserta Fungsinya

Piagam dan Sertifikat sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Kedua dokumen ini sering disamakan padahal berbeda. Nah ini sedikit pengertian perbedaan antara sertifikat dan juga piagam.

Perbedaan Sertifikat Dan Piagam

Menurut KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia) piagam adalah surat baik itu tulisan pada batu, tembaga, dan sebagainya. Bersifat resmi yang berisi pernyataan pemberian hak, tanah, dan sebagainya atau berisi pernyataan dan peneguhan mengenai suatu hal (tentang ikrar dan sebagainya). Lebih lanjut, KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia ) juga mengartikan Piagam sebagai diploma atau ijazah.            

Sedangkan itu, sertifikat adalah surat keterangan yang tercetak atau tertulis yang berasal dari pihak yang berwenang dan bisa dipergunakan sebagai bukti kepemilikan atau juga bukti atas suatu kejadian.

Nah dari pengertian di atas Anda sudah dapat menemukan atau mengetahui hal paling dasar mengenai perbedaan sertifikat dan piagam.

Fungsi Sertifikat Dan Piagam

Ketika melamar pekerjaan biasa kita memerlukan sertifikat untuk dilampirkan, baik sertifikat pelatihan maupun kelulusan. Begitu pula jika memiliki piagam penghargaan, kita dapat menambahkannya supaya memiliki nilai lebih.

Pentingnya Sertifikat Dan Piagam

Walaupun sertifikat dan piagam hanyalah selembar kertas, namun memiliki nilai yang sangat berharga. Mereka menjadi selembar kertas yang berisi keterangan – keterangan khusus yang menjadi bagian penting  dalam hidup karena semua bukti, penghargaan, hak, dan kepemilikan disahkan dalam bentuk selembaran kertas. Kantor pemerintah, sekolah, swasta, dan lainnya mengakui nilai dari sertifikat dan piagam tersebut. Lebih jelas lagi, 2 manfaat sertifikat dan piagam adalah sebagai berikut.

  1. Yang pertama manfaat untuk sekolah lanjutan. Sertifikat dan piagam sangat berguna bagi penerimaan seseorang disekolah lanjutan, seperti masuk SMA, SMK atau lainnya dimana dokumen tersebut penting dan menjadi penilaian tambahan sebagai dasar penerimaan siswa tersebut.
  2. Yang kedua adalah untuk kemudahan diterima saat melamar pekerjaan. Perusahaan yang merekrut karyawan akan mempertimbangkan dari beberapa tes. Sertifikat atau piagam merupakan syarat pendukung yang dapat membantu seseorang diterima bekerja.
Baca Juga  Cara Efektif Dan Lokasi Strategis Untuk Sebar Brosur

Bagian – Bagian Yang Harus Ada Pada Sertifikat Dan Piagam :

Kop Sertifikat Atau Piagam Dan Logo Organisasi

Bagian yang tidak boleh hilang dari sertikat atau piagam yang letaknya paling atas adalah kop sertifikat dan logo organisasi.

Tulisan Sertifikat Atau Piagam

Tulisan sertikat sangat penting karena sebagai penjelas atau sebagai penanda untuk diketahui oleh orang bahwa berkas tersebut merupakan sertifikat atau piagam.

Contoh Piagam

Nama Peserta

Nama peserta atau nama orang atau kelompok yang menerima sertifikat berada setelah kata-kata penyerahan seperti ini “memberikan sertifikat atau piagam kepada”.

Waktu dan Tempat

Waktu dan tempat terbagi menjadi dua yaitu, waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan dan waktu dan tempat dikeluarkannya sertifikat atau piagam. Waktu dan tempat kegiatan biasanya berada di dalam isi sertifikat atau piagam, sedangkan waktu dikeluarkan sertifikat biasanya berada di atas atau di bagian pengesahan.

Pengesahan

Pengesahan merupakan salah satu bagian yang berada pada bagian bawah atau bagian akhir sertifikat atau piagam. Pengesahan terdiri dari nama pelaksana kegiatan, tanda tangan dan cap organisasi pelaksana kegiatan.

Itulah perbedaan dari sertifikat dan piagam yang masih jarang sekali di ketahui. Pada dasarnya mereka memiliki fungsi yang hampir sama, hanya saja di pakai untuk tujuan yang berbeda. Dengan mengetahui perbedaan sertifikat dan piagam, semoga anda tidak salah membedakannya lagi.

Write a comment