Spanduk dan Umbul-Umbul sering menjadi solusi mudah ketika mengadakan penjualan dan merayakan acara khusus. Karena keduanya sama-sama bisa dimanfaatkan untuk menarik perhatian. Dengan desain yang penuh warna dapat digunakan untuk membuat dekorasi yang menyenangkan dengan harga terjangkau. Desain bisa dikustom dengan mencocokkan dengan dekorasi lainnya yang ada di sekitarnya. Dan juga mudah untuk dipasang di dinding dan permukaan vertikal lainnya, baik di dalam ruangan ataupun di luar ruangan.

Perbedaan Spanduk Dan Umbul-Umbul

Spanduk dan umbul umbul ini keduanya memiliki perbedaan. Perbedaannya terletak pada penggunaan. Secara sederhana spanduk lebih mengacu ke banner yang diberi lubang ring untuk mengikatnya. Sedangkan umbul-umbul adalah banner yang pengaplikasiannya menyerupai bentuk bendera, yaitu dengan selongsong untuk dimasukkan ke bambu atau media lainnya.

Contoh Ring Mata Ayam Untuk Spanduk
Ring Untuk Spanduk
Contoh Selongsong Untuk Umbul-Umbul
Selongsong Untuk Umbul-Umbul

Spanduk sering diaplikasikan dipasang di depan toko. Penggunaannya sangat umum untuk menciptakan suasana penjualan secara langsung. Toko-toko menggunakan spanduk sebagai penanda lokasi dan juga dengan tujuan supaya orang bisa mengetahui apa yang dijualnya. Selain di toko, spanduk sering juga dipasnang di pinggir jalan perkotaan sebagai media promosi, kampanye politik, dan iklan layanan masyarakat.

Contoh Spanduk Vendor Cetak

Lain dengan Umbul-Umbul, yang biasanya diaplikasikan dengan bentuk memanjang ke atas, didesain dengan sederhana namun tetap terlihat menarik dan berfungsi untuk menyemarakkan suasana. Sering Umbul-Umbul ini dipasang di sepanjang jalan dan untuk pengunaan dalam jangka pendek. Untuk acara besar, kadang ada juga yang memasang Umbul-Umbul ini dengan jumlah sangat banyak sebagai penanda di sepanjang jalan hingga menuju ke lokasi acara.

Contoh Umbul-Umbul Vendor Cetak

Di antara keduanya, sama-sama lebih sering diaplikasikan untuk outdoor, meskipun sebetulnya dapat pula diaplikasikan untuk indoor. Namun ini karena, penggunaan untuk indoor kebanyakan orang lebih menyukai X-Banner dan Roll Up Banner.

Dan Meskipun keduanya memiliki perbedaan, Spanduk dan Umbul-Umbul ini dapat dibuat dengan bahan yang sama. Pemilihan bahan banner untuk keduanya disesuaikan melalui penggunaan jangka panjang atau pendek, dan hasil atau efek visual yang ingin didapatkan.

Bahan Yang Tepat Untuk Spanduk Dan Umbul-Umbul

Ada beberapa jenis bahan spanduk outdoor yang bisa digunakan untuk spanduk dan umbul-umbul. Masing-masing memiliki spesifikasi dan karakteristik yang berbeda. Pemilihan bahan ini bisa dipertimbangkan melalui beberapa faktor. Contohnya adalah di mana lokasi akan dipasang, berapa lama harus dapat bertahan, apakah akan dipindah sewaktu-waktu, atau yang lainnya.

Itu penting, karena begini, misal menggunakan untuk jangka pendek. Tentu akan lebih baik menggunakan bahan yang hemat meski kurang tahan lama supaya lebih ekonomis. Jika penggunaan untuk jangka panjang, dapat menggunakan bahan yang lebih tahan lama meskipun harganya lebih mahal.

Berikut adalah contoh bahan yang bisa digunakan untuk spanduk dan umbul-umbul.

Poly Banner

Poly Banner adalah bahan banner yang berbentuk serupa dengan kain tipis. Bahan ini memiliki harga jual yang relatif rendah. Poly Banner ini biasa digunakan untuk jangka pendek. Karena bahan ini tipis, sehingga lebih rusak atau sobek. Poly banner ini lebih sering digunakan untuk Umbul-umbul daripada Spanduk.

Flexy China

Flexy China adalah bahan yang paling banyak digunakan untuk Spanduk. Bahan ini cukup bagus dan ekonomis, dengan gramasi regulernya 280 gsm. Dapat dikatakan bahwa spanduk ini digunakan untuk jangka sedang, atau jangka pendek tetapi tidak terlalu pendek, atau sebut apa saja. Tetapi yang pasti, bahan ini adalah rekomendasi bagi yang mengutamakan hal ekonomis. Bahan ini Dapat pula digunakan untuk Umbul-Umbul.

Flexy Korea

Flexy Korea ini memiliki ciri khas seperti Flexy China, namun bahan ini lebih tebal dengan gramasi populernya 440 gsm. Cocok untuk penggunaan dengan jangka lebih panjang. Rata-rata percetakan menjual bahan ini dengan harga dua kali lipat dari Flexy China.

Flexy Jerman

Flexy Jerman ini tidak diragukan lagi sebagai bahan banner paling kuat dan tahan lama. Kendati lebih mahal dari ketiga bahan di atas, kualitas yang didapat sesuai dengan harganya. Jika ingin membuat Spanduk atau Umbul-Umbul dengan jangka panjang, dapat menggunakan bahan ini. Tentu, bahan flexy untuk umbul-umbul, hasilnya akan lebih kaku dibanding Poly Banner.

Baca Juga  Memahami Ukuran Kartu Nama Standar di Indonesia

Related Posts