Sejarah Hari Valentine Yang Jarang Diketahui Orang

Hampir semua orang khusus nya masyarakat muda pada zaman ini, mengenal hari Valentine. Tapi tidak sedikit diantara kita yang belum mengetahui sejarah hari valentine ataupun asal usul dari hari kasih sayang tersebut.

Hari Valentine atau hari kasih sayang seperti yang kita ketahui, merupakan perayaan hari kasih sayang kepada orang terdekat dalam hidup kita. Yang sangat identik dengan perayaan makan malam, memberikan hadiah kepada orang terdekat, menyatakan isi hati kepada pasangan atau hanya sekedar memberi kartu ucapan.

Tapi tahukah Anda mengenai sejarah hari Valentine ini?

Banyak versi yang beredar mengenai sejarah dari hari Valentine tersebut. Akan tetapi salah satu cerita asal muasal hari Valentine yang paling banyak dikenal dan menjadi sorotan ialah sejarah hari Valentine yang berasal pada zaman kekaisaran Roma.

Sejarah sendiri beranggapan bahwa terdapat tiga orang yang bernama Valentinus. Yang ketiga nya meninggal dengan cara yang tragis. Diantara ketiga Valentinus tersebut, yang paling banyak dikenal dalam sejarah awal mulanya hari Valentine berasal dari kisah seorang Pastor yang bernama St. Valentinus.

Valentine sendiri berasal dari nama seorang Pastor yang hidup pada zaman kekaisaran Claudius Roma II. Sang Kaisar memiliki ambisi untuk membangun dan memiliki pasukan yang kuat dan besar. Untuk itu Sang Kaisar beranggapan bahwa percintaan dan pernikahan hanya akan membuat laki-laki khusus nya para tentara muda menjadi lemah di medan perang. Sehingga, Sang Kaisar mengeluarkan perintah untuk melarang seluruh rakyat nya melakukan pernikahan. Tentu saja hal ini tidak disetujui oleh seluruh rakyat. Merasa tidak dihargai perintah nya, Sang Kaisar pun marah dan tetap pada keputusan nya.

Namun seorang Pastor yang bernama St. Valentinus beranggapan bahwa keputusan Sang Kaisar sangat tidak manusiawi. St. Valentinus secara diam-diam melanggar aturan Sang Kaisar, dengan cara tetap melakukan pemberkatan pernikahan disebuah kapal kecil. Singkat cerita, pelanggaran yang dilakukan oleh St. Valentinus ini diketahui oleh Sang Kaisar. Sang Kaisar pun marah dan meminta prajurit nya untuk segera menangkap St. Valentinus. Akibat pelanggaran yang dilakukan olehnya St. Valentinus dijatuhi hukuman mati (dipenggal) oleh Sang Kaisar. Yang dimana hukuman ini jatuh tepat pada tanggal 14 Februari.

Baca Juga  Tren Desain Kartu Ucapan Tahun Baru 2020

Namun legenda menyebutkan bahwa, pada saat di penjara, pria asal Genoa ini jatuh cinta kepada seorang Putri yang memenjarakannya. Namun tidak diketahui jelas siapakah sosok dan asal usul Putri tersebut. Sebelum dieksekusi, St. Valentinus menulis sebuah surat kepada Sang Putri. Dan diakhir surat ditulis “Dari Valentine-mu”. Mungkin itulah yang menjadi cikal bakal memberikan kartu ucapan atau menulis secarik surat disetiap perayaan hari Valentine zaman sekarang.

Setelah kematian St. Valentinus, banyak rakyat yang turut bersedih atas kematian nya. Rakyat banyak memberikan bunga sebagai lambang kasih sayang mereka kepada St. Valentinus. Ia dianggap sebagai seorang martir. Martir adalah sebutan bagi orang yang meninggal karena bertindak sebagai pahlawan untuk memperjuangkan kepercayaan.

Sejarah terus bergulir, hingga pada saat masa kejayaan agama Katolik di Eropa, tahun 496 Paus Gelasius I menetapkan bahwa pada tanggal 14 Februari diperingati sebagai hari untuk mengenang St. Valentinus. Untuk memperkuat kisah perjuangan St. Valentinus ini, sisa kerangka yang digali dari makam St. Hyppolytus yang berlokasi di Teibertinus dekat Roma, di identifikasi sebagai jenazah St. Valentinus. Kemudian jenazah ditaruh kedalam sebuah peti emas dan dikirim ke Gereja Whitefriar Street Carmelite Church yang berlokasi di Dublin, Irlandia. Banyak para wisatawan yang melakukan ziarah ke Gereja ini pada hari Valentine. Dan juga, sering dilakukan misa khusus untuk  para pemuda pemudi yang sedang menjalin hubungan asmara.

Namun pada tahun 1969 hari raya ini dihapus dari kalender gerejawi. Hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk usaha dalam menghapus santo santa yang asal usul nya masih dipertanyakan atau hanya berdasarkan legenda.

Terlepas dari sejarah kelam dan benar tidak nya kisah Valentine tersebut, di era modern sekarang orang-orang sudah tidak lagi banyak yang membicarakan nya. Kini hari Valentine hanya dirayakan sebagai hari suka cita. Itulah sejarah hari Valentine atau hari kasih sayang yang konon menjadi asal muasal dari lahirnya perayaan yang jatuh pada tanggal 14 Februari tersebut. Banyak orang mengartikan bahwa hari valentine hanya dapat dirayakan dengan kekasih saja, namun bukankah menjadi hal yang baik juga jika kita dapat merayakannya bersama keluarga? Karena kasih sayang dapat diberikan kepada siapa saja makhluk ciptaan Tuhan. Happy Valentine!

1 Comments

  • I have noticed you don’t monetize vendorcetak.com, don’t waste your traffic, you can earn additional bucks every month with new
    monetization method. This is the best adsense alternative for
    any type of website (they approve all websites), for more info simply
    search in gooogle: murgrabia’s tools

    Reply

Write a comment