Tips Membuat Poster Menarik Agar Promosi Efektif

Untuk membuat poster menarik, biasanya media promosi poster dipasang di tempat strategis, misalnya pada dinding tempat umum untuk memasarkan produk atau layanan. Meskipun tidak dibagikan dan disimpan kepada pelanggan secara pribadi, poster memiliki kelebihan tersendiri sebagai alat untuk pencitraan merek. Yang harus dilakukan adalah membuat poster promosi efektif dan memaksimalkan penggunaannya.

Berikut adalah beberapa tips membuat poster promosi menarik agar promosi yang dilakukan menjadi efektif.

Desain Poster Menarik Untuk Promosi

Sebelum membuat desain poster, Anda dapat melihat poster-poster sebelumnya yang sudah ada yang menurut Anda paling cocok untuk bisnis Anda. Desain poster dapat dirancang dengan orientasi lanscape atau potrait, namun kebanyakan poster berorientasi portait. Atur semua elemen-elemen pada desain, sehingga orang yang melihat mengerti apa yang disampaikan. Untuk itu perlu menggunakan software desain grafis, agar dapat menyesuaikan gambar dan teks sesuai keinginan sehingga visual yang dihasilkan poster terlihat menarik.

Menyesuaikan Gambar Dan Teks

Ukuran poster paling kecil biasanya A4, untuk itu ukuran gambar dan teks harus sesuai dan ditekankan agar dapat dilihat orang dari jauh. Dan juga menulis slogan yang mudah diingat dan membuat orang tertarik mendekatinya. Supaya orang yang melihatnya mendekati dan membaca teks isi yang lebih kecil dengan seksama. Perpaduan gambar dan teks yang pas dapat membuat tampilan poster menarik untuk dilihat dan dicermati.

Meningkatkan Kontras

Kontras tinggi antar elemen dapat membantu menarik perhatian seseorang. Namun harus membatasinya agar tidak terlihat pucat. Desain poster dapat menjadi waktu yang tepat untuk mencoba jenis tipografi huruf dan pilihan warna baru, jika sesuai dapat digunakan pada project lain.

Warna pada background juga memiliki pengaruh besar, sebagian besar desainer memulai desain dengan warna kanvas putih. Kunci dari membuat poster menarik adalah membuat poster terlihat berbeda dibandingkan pesaing. Untuk itu, tidak ada salahnya mencoba background yang penuh warna dan membuatnya lebih menonjol dibanding yang lain.

Baca Juga  Jenis Finishing Dalam Dunia Percetakan

Buat Lebih Menonjol

Terutama jika poster dipasang di papan pengumuman, banyak poster lain yang sudah dipasang. Untuk itu perlu membuatnya menonjol agar mampu bersaing dalam menarik perhatian orang-orang yang melihatnya. Ketika orang-orang melihatnya, mereka akan membacanya dengan seksama. Jika tidak maka harus memperbaiki desain yang ada.

Pertimbangkan Lokasi Pemasangan

Tempat pemasangan poster merupakan faktor penting. Poster menarik tidak akan berfungsi jika tidak ditempatkan di lokasi yang tepat. Pengaturan visual yang tepat diperlukan agar tidak mengacaukan situasi di sekitarnya dan orang-orang yang melihatnya menghargai bahkan tertarik dengan iklannya.

Faktor eksternal dari poster promosi itu sendiri juga penting, misalnya jika dipasang pada dinding berwarna gelap, pemilihan warna harus dibuat agar tidak samar atau menyaru dengan dindingnya.

Gunakan Gambar Besar

Salah satu trik untuk menarik perhatian adalah menggabungkan satu gambar besar yang dapat dilihat dari jarak jauh yang masuk akal. Atau Anda dapat menggantikannya dengan teks besar yang menarik dengan tipografi yang tepat. Tidak hanya itu, gambar yang besar di bagiam tengah atau atas juga kan membantu mengarahkan para pembaca. Gambar yang besar juga akan berlama-lama pada ingatan pembaca, yang dapat dimanfaatkan untuk membangun merek.

Batasi Hanya Untuk Satu Tujuan Dan Pesan

Poster promosi yang terlalu banyak isi tidak memiliki penargetan yang kuat. Orang yang lewat biasanya akan segera pergi setelah bingung dengan apa yang dibacanya. Penargetan yang tepat adalah fokus pada satu tujuan dan pesan tanpa mencampurkan informasi lain yang tidak terkait.

Berorientasi Mengajak

Ajakan bertindak adalah alasan kenapa orang membaca poster Anda. Pada akhirnya, Anda ingin mereka menghadiri suatu acara, membeli produk atau layanan, menjadi bagian dari kampanye, membeli tiket, dan sebagainya. Untuk itu diperlukan pesan bahwa poster bersifat mengajak dan menggugah keinginan orang yang melihatnya.

Baca Juga  Ukuran Poster Standar Yang Sering Digunakan Untuk Dicetak

Write a comment