Tips Mudik Agar Perjalanan Anda Selalu Aman

Saat hari lebaran semakin dekat dan dekat, kita harus menyiapkan segala hal untuk mudik. Mudik ini membutuhkan banyak persiapan memang. Bagaimanapun, semua persiapan sebelum ini ditujukan untuk bisa sampai di tujuan dan kembali lagi dengan perjalanan yang aman dan nyaman. Berikut ini adalah tips mudik yang bisa Anda terapkan.

Mempersiapkan Diri

Pertama dan yang terpenting adalah secara aktif mempersiapkan diri untuk pulang kampung. Tentu saja, Anda mungkin sangat sibuk selama akhir pekan sebelum lebaran, tetapi Anda harus menjadwalkan waktu untuk mempersiapkan diri dan juga keadaan.

Istirahat Yang Cukup

Pastikan Anda memiliki istirahat yang cukup sebelum mudik. Jika memiliki beberapa kegiatan khusus sebelumnya, tentu dapat melakukannya. Namun mudik beda dengan ketika berpergian di hari lainnya. Mudik memiliki suasana dan nuansa yang berbeda. Untuk itu, istirahat penting supaya tidak ketinggalan apapun dan tetap optimal hingga sampai tujuan. Bahkan jika perlu, dapat mengecek kesehatan sebelum mudik.

Tentukan Jalur Mudik Terbaik

Sebelum memutuskan untuk membeli tiket, ataupun dengan kendaraan pribadi. Anda dapat mengikuti berita terbaru seperti apa situasi mudik yang tengah terjadi. Bisa melalui portal berita online atau televisi. Hal ini dapat membantu untuk memilih jalur mudik yang terbaik untuk kelancaran perjalanan.

Jika Mudik dengan Kendaraan Pribadi

Jika dengan kendaraan pribadi, maka pastikan telah memeriksa keseluruhan keadaan kendaraan. Misalnya jika menggunakan mobil, perlu memeriksa kampas rem, mengganti oli, dan menyiapkan ban cadangan. Lalu memeriksa apakah kunci pas, dongkrak, pompa, dan sparepart cadangan telah disiapkan di bagasi. Pastikan mobil dalam keadaan sehat supaya tidak mengalami mogok, terutama jika di jalan sepi yang begitu riskan. Selain itu, pastikan surat-surat kendaraan telah disiapkan lengkap.

Baca Juga  Tren Desain Kartu Natal 2019 Untuk Inspirasi Anda

Jika Mudik dengan Transportasi Umum

Jika mudik dengan transportasi umum tentu yang penting telah membeli tiket. Namun ketika di perjalanan, pastikan untuk berhati-hati terkait modus perampokan yang mungkin bisa terjadi. Pernah beberapa kasus terjadi di waktu-waktu yang lalu, seperti modus memberikan makanan atau minuman kepada korban dengan dicampurkan obat tidur di dalamnya, lalu terjadi perampokan dan pelaku segera turun di pemberhentian terdekat.

Bawa Uang Tunai Secukupnya Saja

Tidak perlu membawa uang tunai terlalu banyak untuk mudik, ini berlaku untuk tips mudik dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Yang terpenting adalah uang cukup untuk membeli makanan dan minuman. Sementara uang untuk keperluan lainnya bisa ditaruh di rekening atau ATM dulu.

Bawa Makanan yang Tidak Mudah Basi

Lain jika tidak ingin membeli makanan dan minuman di jalan. Karena memang seringkali makanan yang dijual ketika mudik harganya berlipat-lipat dari harga di hari biasa, maka dapat membawa makanan sendiri saja. Namun pastikan untuk membawa makanan yang tidak mudah basi, misal ayam goreng, tahu tempe goreng, telur rebus, dan sebagainya.

Gunakan Pakaian yang Nyaman

Untuk mengantisipasi kemacetan yang dapat mengganggu kenyamanan, maka sebaiknya menggunakan baju yang senyamannya. Misalnya untuk tetap nyaman selama perjalanan dapat menggunakan kaos katun dan jaket yang tidak terlalu ketat.

Jangan Berangkat Terlalu Dekat dengan Hari H

Tips mudik lainnya adalah usahakan mudik tidak terlalu mendekati hari H. Dengan berangkat lebih awal, maka bisa menikmati perjalanan lebih santai. Terutama jika menggunakan kendaraan pribadi, jangan sampai hanya karena mengejar waktu, justru mengganggu pikiran dan terburu-buru dengan kebut-kebutan di jalan yang mana sangat berisiko. Tidak dapat ditolak sebagai fakta bahwa, di setiap mudik kadang-kadang terjadi kecelakan. Untuk itu, tidak perlu terburu-buru demi keselamatan. Jika merasa lelah, tentu harus berhenti di beberapa titik.

Baca Juga  Sejarah Hari Valentine Yang Jarang Diketahui Orang

Bawa Obat-Obatan

Sebagai bentuk antisipasi jika mengalami masalah umum di perjalanan, perlu membawa obat-obatan. Paling tidak obat-obatan sederhana seperti obat masuk angin, obat anti mual, obat sakit kepala, dan sebagainya. Memang tidak diharapkan untuk digunakan, namun dapat dijadikan sebagai antisipasi saja.

Siapkan Powerbank

Gadget merupakan alat penting untuk komunikasi. Terutama jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu dan perlu menghubungi orang lain.Lalu bagaimana kalau batreinya habis di tengah perjalanan? Maka untuk antibodi sebaiknya menyiapkan powerbank. Memang bus dan rest area biasanya menyediakan colokan listrik, namun mempersiapkan sendiri lebih aman dan nyaman.

Write a comment