Dengan mengikuti tren desain grafis 2019 dapat menempatkan kita agar tidak ketinggalan dengan perkembangannya. Baik bagi desainer maupun yang membutuhkan desain grafis untuk keperluan bisnisnya, harus mengikuti tren terbaru untuk dapat memahami gaya perubahan dan perkembangannya. Sehingga hasil dari pekerjaan desain dapat menyesuaikan dengan yang diharapkan oleh audiens. Karena selain memberikan produk yang berkualitas, desain grafis juga menjadi bagian dalam pencitraan merek.

Tren Desain Grafis 2019

Dalam beberapa tahun terakhir, peluang iklan di semua platform digital semakin banyak. Jika tidak mengikuti tren terbaru, konsumen dapat mendapati titik jenuh, merek yang sedang dibangun akan menjadi kurang efektif dan dapat semakin terlihat klise. Berikut tren desain grafis terbaru 2019.

Desain Grafis 3D

Tren Desain Grafis 2019 Terupdate Patut Disimak 3D

Karya 3D semakin berkembang, terlihat sekarang ini  banyak terdapat di berbagai tempat. 3D tidak mungkin tidak menjadi tren desain grafis 2019, 3D sudah membuktikan diri sebagai tren yang cukup stabil di tahun-tahun sebelumnya. Beruntung bagi yang menguasai 3D maupun yang memperkerjakan desainer yang menguasainya, misalnya hanya dengan menggunakan tipografi yang diterjemahkan dalam bentuk 3D saja sudah mampu menarik perhatian bagi audiens. Tipografi 3D juga dapat dijadikan elemen utama dalam desain grafis.

Warna-warna Cerah

Tren Desain Grafis 2019 Terupdate Patut Disimak Warna Cerah

Kombinasi warna-warna cerah akan terus menjadi tren. Skema warna ini dapat membuat seseorang terbawa ke keseluruhan desain. Dengan menggunakan skema kombinasi ini dapat menciptakan desain yang mewah dan menyentuh.

Efek Metalik Pada Elemen Desain

Tren Desain Grafis 2019 Terupdate Patut Disimak Metalik

Efek metalik seperti emas dan logam dapat membuat desain terlihat mewah dan eksklusif. Sehingga penampilan beberapa efek metalik dapat menjadi tren juga. Desain akan terlihat memukai karena memperlihatkan warna yang begitu menyentuh ke permukaannya.

Baca Juga  Tips Membuat Desain Kartu Ucapan Tahun Baru 2020

Efek metalik memang sering muncul akhir-akhir ini pada berbagai kemasan produk. Kombinasi klasik efek metalik adalah latar belakang hitam dan putih, namun pada tren desain grafis 2019 kemungkinan akan lebih banyak lagi di terapkan pada desain kemasan produk dengan warna-warna lainnya.

Layout Asimetris

Tren Desain Grafis 2019 Terupdate Patut Disimak Asimetris

Pada awalnya untuk sebagian orang, layout asimetris mungkin terlihat kaku, namun beberapa tahun terakhir menunjukkan desain yang standar. Terlepas dari layout asimetris yang kaku, menghasilkan grafis yang indah. Layout asimetris baik diterapkan pada desain grafis user interface maupun desain percetakan.

Warna Gradasi Pada Logo

Tren Desain Grafis 2019 Terupdate Patut Disimak Gradien

Warna Gradasi sudah dianggap tren desain grafis yang menarik di beberapa tahun terakhir. Namun baru akhir-akhir ini mulai diterapkan pada logo-logo. Semakin lama logo yang hanya dengan satu warna terlihat klise, maka gradasi mulai ikut digunakan pada tren desain grafis 2019 ini.

Desain Isometric

Tren Desain Grafis 2019 Terupdate Patut Disimak Isometrik

Desain isometric memperlihatkan keseluruhan bentuk dalam ruang yang kecil. Desain isometric terlihat sangat sulit dan perlu teknis tingkat lanjut, namun sebenarnya ini adalah menggambar objek 3D dalam bentuk 2D. Gambar isometric yang sederhana namun memiliki kedalaman yang lebih dibanding desain 2D datar biasanya.

Foto Asli

Tren Desain Grafis 2019 Terupdate Patut Disimak Foto Asli

Pada umumnya perusahaan selalu berusaha untuk menampilkan desain grafis yang kreatif namun asli dengan ciri khasnya sendiri. Begitu juga dengan foto yang digunakan, foto yang terlalu diedit sekarang terlihat kurang menarik. Foto asli dan otentik dapat memperlihatkan tampilan desain yang lebih nyata.

Titik Fokus Tipografi yang Kuat

Tren Desain Grafis 2019 Terupdate Patut Disimak Tipografi

Salah satu cikal bakal yang akan menjadi tren pada tahun ini adalah desain dengan titik tumpu pada tipografi yang kuat. Sebagai contoh pada poster, grafis yang terdapat di dalamnya hanya mempunyai kesempatan beberapa detik untuk dapat menarik perhatian audiens. Oleh karena itu, dengan pemakaian huruf yang tebal dapat membuat grafis (huruf) tersebut menjadi fokus utama dalam penyampaian pesan.

Baca Juga  Mengenal Jenis-Jenis Desain Grafis Beserta Perbedaannya

Konsep Futuristik

Tren Desain Grafis 2019 Terupdate Patut Disimak Futuristik

Manusia cenderung menyukai sesuatu yang berbau masa depan. Hal ini terlihat dari film yang mengangkat tema futuristik cenderung sukses di pasaran. Oleh karena itu tidak ada salahnya dalam penerapan desain grafis, sedikit dimasukkan konsep futuristik. Desain grafis yang diberi sentuhan futuristik dapat membuat konten menjadi unik dan terlihat menonjol dibandingkan dengan pesaing. Desain dengan konsep futuristik biasanya dipadukan dengan warna-warna cerah untuk mendapatkan hasil yang mencuri perhatian.

Skema Warna Terang dan Gelap

Tren Desain Grafis 2019 Terupdate Patut Disimak Warna Terang Gelap

Akhir-akhir ini sering dijumpai desain dengan skema garis dengan warna terang dan gelap. Tren desain grafis ini sepertinya masih akan berlanjut pada tahun ini. Dengan skema warna perpaduan terang dan gelap ini akan membuat tampilan yang lebih fleksibel. Contohnya pada poster, jika digantungkan pada tempat yang berwarna gelap, maka warna terang yang terdapat pada poster akan terlihat cocok. Sedangkan jika diletakkan pada background dinding berwarna terang, maka warna gelap yang terdapat dalam poster akan bersifat menyeimbangkan.

Minimalis 2.0

Tren Desain Grafis 2019 Terupdate Patut Disimak Minimalis

Minimalis sering disalah-pahamkan sebagai desain yang hanya menggunakan teks berwarna hitam dengan background putih, atau sebaliknya. Minimalis yang sebenarnya mempunyai konsep tentang meminimalisir komponen sehingga hanya menampilkan yang diperlukan saja. Kemudian minimalis diterapkan dengan penggunaan pallete warna netral. Pada tahun ini, tren desain grafis yang akan muncul mengarah kepada campuran antara desain grafis yang rumit dengan minimalis sehingga menghasilkan tipe minimalis baru yang kaya akan keunikan dan kreativitas, tetapi dalam konsep yang simpel.

Ilustrasi Gambar Tangan

Tren Desain Grafis 2019 Terupdate Patut Disimak Gambar Tangan

Cara yang paling ampuh untuk membuat konten visual menonjol adalah dengan membuat ilustrasi   khusus yang digambar langsung dengan tangan. Dengan cara ini, konten yang ditampilkan sudah pasti akan mempunyai sesuatu yang lebih untuk ditawarkan karena sangat sulit untuk mereplika sesuatu yang dibuat langsung dengan tangan. Skema warna, konten gambar, ataupun pola sebuah desain grafis bisa saja ditiru, tetapi untuk konten yang digambar tangan jelas merupakan hal yang sangat sulit kalau tidak mustahil. Konsep ini menjadi tren desain grafis 2019 dimana semua merek ingin saling menampilkan keotentikan dan keunikannya masing-masing.

Baca Juga  Perbedaan Grafis Vektor dan Bitmap Yang Wajib Diketahui

Dengan mengikuti perkembangan zaman sesuai dengan tren desain grafis 2019, audiens yang melihat merk maupun logo akan merasa tertarik dan menumbuhkan kesan emosional tersendiri secara otomatis. Banyak dijumpai perusahaan mempunyai logo yang kurang menarik atau terkesan murahan akan berpengaruh terhadap perusahaan tersebut, tanpa melihat produk sebenarnya yang dihasilkan yang kemungkinan mempunyai kualitas yang mumpuni.

Related Posts

5 Comments

  • […] beragam souvenir. Tidak hanya sekadar tampilan polos, namun bahan ini juga bisa dicetak dengan desain grafis. Maka dapat ditambahkan desain menarik dan bahkan sering juga digunakan dengan ditambahkan sebuah […]

    Reply
  • Fastidious respond in return of this matter with real arguments and explaining all regarding that.

    Reply
  • It’s amazing to go to see this website and reading the views of all friends on the topic of this post, while I am also eager of getting experience.

    Reply
  • Hello there, I found your web site by the use of Google while looking for a comparable
    subject, your web site came up, it appears good.

    I have bookmarked it in my google bookmarks.
    Hi there, just become alert to your weblog through Google, and located that
    it’s truly informative. I’m gonna be careful for
    brussels. I will be grateful should you continue this in future.
    Numerous other people will be benefited out of your writing.

    Cheers!

    Reply
  • I’ve read a few good stuff here. Definitely price bookmarking for revisiting.
    I surprise how much effort you put to create any such excellent
    informative web site.

    Reply

Write a comment