Pamflet sebetulnya adalah brosur yang dilipat menjadi beberapa halaman. Jenis lipatan pamflet terdiri dari beberapa macam sehingga para pemasar dapat dengan kreatif dalam mendesain pamflet. Masing-masing halaman ini bisa dikustom sebagai ruang kreatif. Dengan cara ini, pamflet bisa efektif untuk membuat alat promosi dengan sebuah alur promosi. Misal dengan pembukaan pembahasan persoalan tertentu, lalu pada akhirnya mempromosikan produk untuk mengatasi persoalan itu.

Pamflet sangat populer bagi berbagai kalangan bisnis, dari UKM hingga perusahaan besar. Jenis brosur ini sering dijadikan sebagai bagian inti dari promosi. Menggunakan pamflet juga termasuk cara yang hemat biaya untuk memberikan penawaran kepada pelanggan, karena dapat dicetak di kedua sisi halamannya.

Ukuran Pamflet

Dengan biaya cetak yang relatif murah, bisa dicetak dengan berbagai ukuran sesuai kebutuhan. Namun ada beberapa ukuran yang sering digunakan dan dijadikan acuan untuk menghemat pemotongan kertas standar, sehingga biaya produksi pamflet lebih murah.

A3 (297 x 420 mm)

A3 adalah ukuran pamflet terbesar paling umum. Dengan demikian, tentu biaya cetak pun akan lebih mahal dibanding ukuran yang lainnya. Namun ini cocok bila untuk menyampaikan informasi lebih banyak. Pamflet berukuran A3 bisa dikustom dengan berbagai jenis lipatan untuk mendapat banyak ruang. Tentu tidak akan dibiarkan terbuka begitu saja, karena akan terlalu sulit untuk diedarkan.

A4 (210 x 297 mm)

A4 adalah ukuran standar kebanyakan printer rumah atau kantor, seringkali Pamflet dikustom dalam ukuran ini karena memiliki ruang yang cukup ideal untuk mempromosikan produk. Ukuran ini populer dicetak dalam kuantitas besar maupun kecil, baik di digital ataupun offset printing. Ukuran Pamflet A4 cocok untul pameran dagang dan juga sebagai selebaran yang diletakkan di toko atau tempat usaha untuk menyoroti manfaat produk.

A5 (148 x 210 mm)

A5 adalah setengah ukuran dari A4 dan ini adalah yang paling sering digunakan dalam kuantitas banyak, karena sangat fleksibel. Kendati ukuran ini cukup kecil untuk masuk ke saku, tetapi cukup besar untuk memuat banyak informasi yang diperlukan. Ukuran A5 sering digunakan untuk pamflet yang dibagikan secara langsung di tempat tertentu dan pameran dagang.

A6 (105 x 148 mm)

A6 adalah ukuran yang serupa dengan Post Card. Pamflet berukuran ini biasa digunakan untuk informasi yang tidak terlalu banyak, karena dia memiliki ruang yang lebih terbatas. Pesan pada ukuran ini harus singkat dan to the point. Kendati demikian, pamflet A6 semakin populer sebagai selebaran yang dimasukkan ke dalam paket tertentu, untuk mempromosikan produk atau layanan tambahan dari pihak penjual.

Jenis Lipatan Pamflet

Mendesain Pamflet lebih dari sekedar memutuskan warna, gambar, dan teks yang ingin digunakan. Namun perlu mempertimbangkan bagaimana orang akan melihat informasi ini. Atau bagaimana mereka bisa menerima pesan ketika membacanya. Jenis lipatan pamflet juga bisa digunakan untuk menonjolkan pesan pada halaman tertentu. Karena lipatan inilah yang memandu pembaca dari halaman awal hingga akhir,

Berikut adalah contoh rekomendasi jenis lipatan pamflet yang populer dan efektif dalam menyampaikan pesan.

1) Pamflet Lipat Tengah

Ukuran Pamflet dan Jenis-Jenis Lipatan Tengah

Pamflet lipat tengah, atau sering disebut juga sebagai Brosur Lipat Dua, merupakan yang paling sederhana namun tetap efektif. Simpel saja, cukup membagi kertas menjadi 2 halaman. Jenis lipatan  pamflet ini sering diaplikasikan di semua ukuran pamflet tadi. Contoh pengaplikasiannya adalah ukuran A4 yang dilipat 2 menjadi A5, sehingga memiliki sampul depan dan belakang, lalu di dalam terdapat 2 halaman internal untuk mencakup banyak informasi.

2) Pamflet Lipat Roll

Ukuran Pamflet dan Jenis Pamflet Lipat Roll

Dalam pengaplikasiannya, pamflet lipat roll bisa dibentuk dengan Lipat Tiga atau lebih. Misalnya melipat pamflet halaman A4 yang berukuran 210 x 297 mm tadi menjadi 6 halaman, yang berarti menjadi ukuran 210 x 100 mm. Jika pada Lipat 3, jenis lipatan ini memberikan sampul depan dan belakang, dengan 4 halaman isi. Untuk jumlah lainnya bisa menyesuaikan.

3) Pamflet Lipat ZigZag

Ukuran Pamflet dan Jenis Pamflet Lipatan Zigzag

Dalam pengaplikasiannya, pamflet lipat roll bisa dibentuk dengan Lipat Tiga atau lebih. Namun berbeda urutan dengan Lipat Roll tadi, karena Pada Lipat ZigZag ini Pamflet menjadi serangkaian bentuk Z atau lipatan pararel. Seperti pada contoh gambar.

4) Pamflet Lipat Gerbang

Ukuran Pamflet dan Jenis Pamflet Lipatan Gerbang

Jenis lipatan Pamflet lain yang juga bisa dipertimbangkan adalah Bentuk Lipatan Gerbang. Atau sebut apa saja itu, karena lipatannya mirip dengan gerbang. Caranya adalah Halaman dilipat dua kali untuk membuat enam halaman, dengan bagian kiri dan kanannya separuh dari halaman tengah. Halaman kiri dan kanan dihubungkan supaya ketemu di tengah. Ini adalah cara bagus untuk telihat berbeda.

Baca Juga  Ukuran Poster Standar Yang Sering Digunakan Untuk Dicetak