Ukuran Poster Standar Yang Sering Digunakan Untuk Dicetak

Poster bisa disajikan dalam berbagai bentuk dan ukuran sesuai dengan kebutuhan Anda. Poster dengan ukuran kecil memungkinkan Anda untuk membawa dan memasangnya lebih mudah. Sedangkan poster dengan ukuran besar akan memiliki kinerja yang lebih tinggi untuk menarik perhatian. Akan tetapi, poster yang terlalu kecil tidak akan efektif dan poster yang terlalu besar akan terkesan mengganggu. Penyajiannya cukup dengan ukuran poster standar saja untuk mendapatkan hasil terbaik.

Jika Anda akan memasang poster di tempat milik Anda sendiri atau menyewa, tentu Anda bisa membuat sesuai dengan yang Anda inginkan. Bahkan membuat display backlite yang besar sekalipun tidak menjadi masalah. Namun jika poster ingin dipasangkan di tempat-tempat umum, Anda perlu membuatnya ukuran kecil yang standar, tetapi dengan memaksimalkan ruang tersedia yang ada.

Memasang poster besar di tempat-tempat umum bisa dianggap mengganggu kenyamanan lingkungan. Terutama jika poster itu sangat berorientasi bisnis atau kampanye. Bahkan kadang ada tempat tertentu yang melarangnya. Untuk itu, ketika membuat poster harus mempertimbangkan banyak aspek, mulai dari ukuran hingga desain poster dekoratif supaya tidak mengacaukan lingkungan di sekitarnya.

Poster dekoratif yang dimaksudkan adalah tidak bernuansa bisnis 100%, namun juga memberi ruang astistik yang mendukung manifestasi lingkungan sekitar. Sehingga biarpun poster ditujukan bisnis, namun masih seimbang dengan lingkungan sekitar. Itu penting supaya orang yang melihatnya, menghargai poster yang dipasang.

Ukuran Poster Standar

Berikut ini adalah ukuran-ukuran poster standar yang bisa Anda jadikan referensi, dari ukuran kecil hingga ukuran besar.

1. Poster A4 (21 x 29,7 cm)

Poster paling kecil umumnya adalah ukuran A4. Di ukuran ini, gambar dan teks perlu ditegaskan supaya bisa dilihat dari jarak jauh. Lalu headline yang digunakan mesti yang menarik perhatian atau membuat orang ingin mendekatinya. Dengan mendekatinya, mereka bisa melihat keterangan lebih rincinya di isi poster. Pada ukuran A4 biasanya bahan poster yang digunakan adalah kertas tebal seperti Art Carton.

Baca Juga  Pengertian Bahan Backlite Dan Manfaatnya Untuk Display Toko

2. Poster A3 (29,7 x 42 cm)

A3 adalah ukuran dua kali lipat dari A4. Dengan begitu, poster ini dapat memuat informasi lebih banyak dari A4. Pada ukuran ini poster masih bisa atau sering dicetak dengan bahan kertas. Karena sekarang ini telah banyak mesin digital printing yang bisa memproduksi cetakan berukuran A3+ dengan harga yang terjangkau.

3. Poster A2 (42 x 59,4 cm)

A4 adalah ukuran dua kali lipat dari A2. Ketika sudah di tingkat ukuran ini atau lebih, mungkin Anda tidak bisa memasangnya di sebagian besar tempat-tempat umum. Ukuran A2 atau lebih bisa ditujukan untuk dipasang di wilayah bisnis Anda. Dan bahan yang digunakan pun biasanya sudah bukan lagi kertas. Tapi dapat memilih bahan spanduk atau albatros yang biasanya dicetak pada digital printing jenis large format.

4. Poster B2 (50 x 70 cm)

B2 adalah ukuran poster besar yang sangat populer. Banyak sekali bisnis yang menggunakan ukuran ini. Sebenarnya ukuran B2 yang sesungguhnya adalah 50 X 70,7 cm, bukan 50 x 70 cm. Namun untuk memudahkan pada poster, biasanya dibulatkan menjadi ukuran demikian.

5. Poster A1 (59,4 x 84,1 cm)

Poster A1 adalah cara paling efektif untuk menarik perhatian, dengan menyertakan gambar besar yang bisa dilihat dari jarak jauh. Atau dapat juga disertakan tipografi unik yang bisa menarik perhatian. Dengan begitu, informasi akan mudah diingat pembaca dan berlama-lama di benak pembaca.

6. Poster Kustom

Sebenarnya poster tidak harus dicetak dengan mengacu pada parameter di atas. Anda dapat mencetak poster online secara kustomisasi sesuai kebutuhan Anda. Namun ukuran di atas ditujukan untuk mempermudah saja dan pada kenyataannya poster memang dicetak pada ukuran-ukuran di atas.

Baca Juga  Jenis Souvenir Yang Ampuh Digunakan Untuk Promosi

Ukuran poster penting untuk dipertimbangkan karena berpengaruh pada harga cetak, penargetan, dan lingkungan sekitar. Anda dapat memilih berbagai macam bidang vertikal seperti Dinding, Pagar, Tiang Listrik, Majalah Dinding, atau bahkan di lorong-lorong. Mungkin sebagian orang berpikir itu buruk, tapi sebetulnya bagus buat mereka yang suka beraktivitas di lorong-lorong.

Dan perlu diingat bahwa berapa pun ukuran yang Anda buat, poster harus bisa dibaca dari jarak jauh yang wajar. Karena biasanya orang hanya lewat sekilas, lalu mereka baru mau mendekatinya jika merasa tertarik dengan apa yang dia lihat di awal sebagai Headline utama Anda.

1 Comments

  • baru tahu nih ternyata ukuran poster ada standar nya ya gan, ane kira asal aja ukurannya getu gan,, makasih banyak gan atas informasinya 😉

    Reply

Write a comment